PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM DI PASAMAN BARAT: PERAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Putri Wulandari Universitas Bung Hatta
  • Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

transformasi digital dan orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja keuanga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris dampak transformasi digital dan orientasi
pasar terhadap kinerja keuangan bisnis, dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi
dalam hubungan ini. Penelitian ini menggunakan simple random sampling untuk memilih
sampel yang terdiri dari 100 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di
Pasaman Barat. Data dikumpulkan melalui survei, di mana kuesioner menyebarkan baik dengan
mengunjungi UMKM secara langsung di tempat bisnis mereka maupun dengan menggunakan
Google Forms untuk menjangkau responden di daerah yang sulit diakses secara fisik. Analisis
dilakukan dengan menggunakan teknik analisis jalur, menggunakan perangkat lunak Smart
PLS untuk memproses data. Temuan ini mengungkapkan bahwa transformasi digital dan
orientasi pasar secara signifikan memengaruhi keunggulan bersaing, dan di samping itu, kedua
faktor ini juga memiliki dampak positif langsung terhadap kinerja keuangan UMKM yang
diteliti.

References

Afandi & Ajizah. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dan

Kinerja Pemasaran Pada Umkm Kabupaten Sidoarjo (Vol. 2, Issue 4).

Aidara, S., Mamun, A. Al, Nasir, N. A. M., Mohiuddin, M., Nawi, N. C., & Zainol, N. R. (2021).

Competitive Advantages Of The Relationship Between Entrepreneurial Competencies

And Economic Sustainability Performance. Sustainability (Switzerland), 13(2), 1–19.

Https://Doi.Org/10.3390/Su13020864

Baihaqi, A., & Huda, M. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Dan Inovasi Produk Terhadap

Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Umkm Di Kabupaten Pasuruan. Triwikrama: Jurnal

Ilmu

Sosial,

(7),

Https://Ejournal.Warunayama.Org/Index.Php/Triwikrama/Article/View/294

Daljono. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran

Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.

Daniella & Utama. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi

Terhadap Kinerja Umkm Bidang Fashion.

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko,

A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The Effect Of Digital

Marketing, Digital Finance And Digital Payment On Finance Performance Of

Indonesian Smes. International Journal Of Data And Network Science, 6(1), 37–44.

Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2021.10.006

Dewi, T. & I. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan

Bersaing Usaha Kerajinan Perak Di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten

Gianyar.

Feranita & Setiawan. (2018). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi

Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm. In Majalah Ilmiah "Dian

Ilmu (Vol. 18, Issue 1).

Fillanov, & Fitriani. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap

Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Survey

Pada

Umkm

Di

Kabupaten

Http://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Entrepreneur

Kuningan).

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Dan

Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm. In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan

Manajemen (Vol. 6, Issue 1). Https://Republika.Co.Id

Heryadi, E. & C. (2023). Pengaruh Kehadiran Media Sosial, Orientasi Pasar Terhadap Kinerja

Umkm Di Jawa Barat (Vol. 5, Issue 1). Http://Bisnisman.Nusaputra.Ac.Id

Hoa, N. T. X., & Tuyen, N. T. (2021). A Model For Assessing The Digital Transformation

Readiness For Vietnamese Smes. Journal Of Eastern European And Central Asian

Research, 8(4), 541–555. Https://Doi.Org/10.15549/Jeecar.V8i4.848

Indra Danardono, & Soebowo Musa. (2024). Dampak Integrasi Perilaku TMT dan Kualitas

Pengambilan Keputusan Terhadap Transformasi Digital, Keunggulan Bersaing yang

Berkelanjutan dan Kinerja Perusahaan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis

Syariah, 6(7), 5391 –. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.2731

Insee, K., & Suttipun, M. (2023). R&D Spending, Competitive Advantage, And Firm

Performance In Thailand. Cogent Business And Management, 10(2).

Https://Doi.Org/10.1080/23311975.2023.2225831

Kusumo, H., Solechan, A., & Susatyono, J. D. (2024). Peran Transformasi Digital Dan Orientasi

Pasar Dalam Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran UMKM.

(2), 207–215. Http://Journal.Stiestekom.Ac.Id/Index.Php/Dinamika

Page | 17

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Lumantow, I. P., & Karuntu, M. M. (2022). Analisis Rasio Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada

Perusahaan Sub Sektor Asuransi Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Tahun 2018

Solvency And Profitability Ratio Analysis Of Insurance Sub Sector Companies

Listed On The Indonesia Stock Exchange Year 2018-2020. In 458 Jurnal Emba (Vol.

, Issue 3). Www.Idx.Co.Id.

Marlina (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN

KREATIVITAS PELAKU USAHA TERHADAP KINERJAPEMASARAN PADA UMKM

(STUDI

PADA UMKMDI KOTA MAKASSAR http://repositori.uin

alauddin.ac.id/17856/

Merín-Rodrigáñez, J., Dasí, À., & Alegre, J. (2024). Digital Transformation And Firm

Performance In Innovative Smes: The Mediating Role Of Business

Modelinnovation.Technovation,134.

Https://Doi.Org/10.1016/J.Technovation.2024.103027

Octavina & Rio Rita. (2021). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan, Dan Kinerja Keuangan:

Studi Pada Masa Pandemi Covid-19.

Purnamasari, E. D., & Asharie, A. (2024). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan Terhadap

Kinerja Keuangan Umkm di Era New Normal Pandemi Covid 19. Jesya, 7(1), 348–361.

Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V7i1.1416

Putri & Sari. (2022). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Pelaku Umkm Binaan Rumah

Bumn Purwokerto Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi.

Noviyana, D., Rotua Sitorus, R., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul, F. (2023). The

Effect of Competitive Advantage and Digital Business Strategy on Financial

Performance with Digital Marketing as Moderating Variable Pengaruh Competitive

Advantage dan Digital Business Strategy terhadap Financial Performance dengan

Digital

Marketing

S.

Management

Studies

and

Entrepreneurship

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej Journal, 4(2), 1288–1304.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., Dewandaru, B., Manajemen, P., Ekonomi, F., Analisis, P., Fakultas,

K., Kesehatan, I., & Pembangunan, P. E. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan

Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM (Vol. 21, Issue

.

Rakib, M., Azis, M., Najib, M., & Isma, A. (2024). Impact of Digital Literacy, Business

Innovation, Competitive Advantage on the Existence of SMEs: A quantitative study in

Makassar City, Indonesia. Quality - Access to Success, 25(198), 277–283.

https://doi.org/10.47750/QAS/25.198.30

Rayhan, H. & Furqon. (2024). Adaptasi Transformasi Teknologi Digital Dan Keterampilan

Wirausaha Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Kuliner: Studi Kasus Tiktok

Shop.

Sefanya, S., Kinerja, A., Dengan Dimediasi, U., & Kompetitif, K. (2024). Pengaruh Orientasi

Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap.

Solechan & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada Umkm Dalam Meningkatkan Daya

Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 2023.

Suhong, Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply

chain management practices on competitive advantage and organizational performance.

Omega, https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002 34(2), 107–124.

Suryati, M. Dan M. (2022). Keunggulan Kompetetif: Konsep Dan Studi Kasus.

Syafira Al-Kubra, S., & Fikar, R. (2019). Kinerja Usaha Sebagai Dampak Dari Orientasi Pasar

Melalui Keunggulan Bersaing (Survei Pada Sentra Pengolahan Limbah Garment

Tasikmalaya).

Page | 18

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Wongsansukcharoen, J., & Thaweepaiboonwong, J. (2023). Effect of innovations in human

resource practices, innovation capabilities, and competitive advantage on small and

medium enterprises’ performance in Thailand. European Research on Management and

Business Economics, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2022.100210

Yuniar (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Keunggulan

Kompetitif Sebagai Variabel Mediasi Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Indonesia (Stiesia) Surabaya.

Downloads

Published

2025-09-18