PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM DI PASAMAN BARAT: PERAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Keywords:
transformasi digital dan orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja keuangaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris dampak transformasi digital dan orientasi
pasar terhadap kinerja keuangan bisnis, dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi
dalam hubungan ini. Penelitian ini menggunakan simple random sampling untuk memilih
sampel yang terdiri dari 100 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di
Pasaman Barat. Data dikumpulkan melalui survei, di mana kuesioner menyebarkan baik dengan
mengunjungi UMKM secara langsung di tempat bisnis mereka maupun dengan menggunakan
Google Forms untuk menjangkau responden di daerah yang sulit diakses secara fisik. Analisis
dilakukan dengan menggunakan teknik analisis jalur, menggunakan perangkat lunak Smart
PLS untuk memproses data. Temuan ini mengungkapkan bahwa transformasi digital dan
orientasi pasar secara signifikan memengaruhi keunggulan bersaing, dan di samping itu, kedua
faktor ini juga memiliki dampak positif langsung terhadap kinerja keuangan UMKM yang
diteliti.
References
Afandi & Ajizah. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dan
Kinerja Pemasaran Pada Umkm Kabupaten Sidoarjo (Vol. 2, Issue 4).
Aidara, S., Mamun, A. Al, Nasir, N. A. M., Mohiuddin, M., Nawi, N. C., & Zainol, N. R. (2021).
Competitive Advantages Of The Relationship Between Entrepreneurial Competencies
And Economic Sustainability Performance. Sustainability (Switzerland), 13(2), 1–19.
Https://Doi.Org/10.3390/Su13020864
Baihaqi, A., & Huda, M. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Dan Inovasi Produk Terhadap
Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Umkm Di Kabupaten Pasuruan. Triwikrama: Jurnal
Ilmu
Sosial,
(7),
Https://Ejournal.Warunayama.Org/Index.Php/Triwikrama/Article/View/294
Daljono. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Ukuran
Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.
Daniella & Utama. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi
Terhadap Kinerja Umkm Bidang Fashion.
Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A. D. E., Handoko,
A. L., Putra, R. S., Wijoyo, H., Ari-Yanto, A., & Jihadi, M. (2022). The Effect Of Digital
Marketing, Digital Finance And Digital Payment On Finance Performance Of
Indonesian Smes. International Journal Of Data And Network Science, 6(1), 37–44.
Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2021.10.006
Dewi, T. & I. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan
Bersaing Usaha Kerajinan Perak Di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten
Gianyar.
Feranita & Setiawan. (2018). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi
Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm. In Majalah Ilmiah "Dian
Ilmu (Vol. 18, Issue 1).
Fillanov, & Fitriani. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap
Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Survey
Pada
Umkm
Di
Kabupaten
Http://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Entrepreneur
Kuningan).
Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Dan
Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm. In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan
Manajemen (Vol. 6, Issue 1). Https://Republika.Co.Id
Heryadi, E. & C. (2023). Pengaruh Kehadiran Media Sosial, Orientasi Pasar Terhadap Kinerja
Umkm Di Jawa Barat (Vol. 5, Issue 1). Http://Bisnisman.Nusaputra.Ac.Id
Hoa, N. T. X., & Tuyen, N. T. (2021). A Model For Assessing The Digital Transformation
Readiness For Vietnamese Smes. Journal Of Eastern European And Central Asian
Research, 8(4), 541–555. Https://Doi.Org/10.15549/Jeecar.V8i4.848
Indra Danardono, & Soebowo Musa. (2024). Dampak Integrasi Perilaku TMT dan Kualitas
Pengambilan Keputusan Terhadap Transformasi Digital, Keunggulan Bersaing yang
Berkelanjutan dan Kinerja Perusahaan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis
Syariah, 6(7), 5391 –. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i7.2731
Insee, K., & Suttipun, M. (2023). R&D Spending, Competitive Advantage, And Firm
Performance In Thailand. Cogent Business And Management, 10(2).
Https://Doi.Org/10.1080/23311975.2023.2225831
Kusumo, H., Solechan, A., & Susatyono, J. D. (2024). Peran Transformasi Digital Dan Orientasi
Pasar Dalam Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran UMKM.
(2), 207–215. Http://Journal.Stiestekom.Ac.Id/Index.Php/Dinamika
Page | 17
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Lumantow, I. P., & Karuntu, M. M. (2022). Analisis Rasio Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada
Perusahaan Sub Sektor Asuransi Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Tahun 2018
Solvency And Profitability Ratio Analysis Of Insurance Sub Sector Companies
Listed On The Indonesia Stock Exchange Year 2018-2020. In 458 Jurnal Emba (Vol.
, Issue 3). Www.Idx.Co.Id.
Marlina (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN
KREATIVITAS PELAKU USAHA TERHADAP KINERJAPEMASARAN PADA UMKM
(STUDI
PADA UMKMDI KOTA MAKASSAR http://repositori.uin
alauddin.ac.id/17856/
Merín-Rodrigáñez, J., Dasí, À., & Alegre, J. (2024). Digital Transformation And Firm
Performance In Innovative Smes: The Mediating Role Of Business
Modelinnovation.Technovation,134.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Technovation.2024.103027
Octavina & Rio Rita. (2021). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan, Dan Kinerja Keuangan:
Studi Pada Masa Pandemi Covid-19.
Purnamasari, E. D., & Asharie, A. (2024). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan Terhadap
Kinerja Keuangan Umkm di Era New Normal Pandemi Covid 19. Jesya, 7(1), 348–361.
Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V7i1.1416
Putri & Sari. (2022). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Pelaku Umkm Binaan Rumah
Bumn Purwokerto Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi.
Noviyana, D., Rotua Sitorus, R., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul, F. (2023). The
Effect of Competitive Advantage and Digital Business Strategy on Financial
Performance with Digital Marketing as Moderating Variable Pengaruh Competitive
Advantage dan Digital Business Strategy terhadap Financial Performance dengan
Digital
Marketing
S.
Management
Studies
and
Entrepreneurship
http://journal.yrpipku.com/index.php/msej Journal, 4(2), 1288–1304.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., Dewandaru, B., Manajemen, P., Ekonomi, F., Analisis, P., Fakultas,
K., Kesehatan, I., & Pembangunan, P. E. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan
Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM (Vol. 21, Issue
.
Rakib, M., Azis, M., Najib, M., & Isma, A. (2024). Impact of Digital Literacy, Business
Innovation, Competitive Advantage on the Existence of SMEs: A quantitative study in
Makassar City, Indonesia. Quality - Access to Success, 25(198), 277–283.
https://doi.org/10.47750/QAS/25.198.30
Rayhan, H. & Furqon. (2024). Adaptasi Transformasi Teknologi Digital Dan Keterampilan
Wirausaha Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Kuliner: Studi Kasus Tiktok
Shop.
Sefanya, S., Kinerja, A., Dengan Dimediasi, U., & Kompetitif, K. (2024). Pengaruh Orientasi
Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap.
Solechan & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada Umkm Dalam Meningkatkan Daya
Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 2023.
Suhong, Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply
chain management practices on competitive advantage and organizational performance.
Omega, https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002 34(2), 107–124.
Suryati, M. Dan M. (2022). Keunggulan Kompetetif: Konsep Dan Studi Kasus.
Syafira Al-Kubra, S., & Fikar, R. (2019). Kinerja Usaha Sebagai Dampak Dari Orientasi Pasar
Melalui Keunggulan Bersaing (Survei Pada Sentra Pengolahan Limbah Garment
Tasikmalaya).
Page | 18
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Wongsansukcharoen, J., & Thaweepaiboonwong, J. (2023). Effect of innovations in human
resource practices, innovation capabilities, and competitive advantage on small and
medium enterprises’ performance in Thailand. European Research on Management and
Business Economics, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2022.100210
Yuniar (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Keunggulan
Kompetitif Sebagai Variabel Mediasi Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia (Stiesia) Surabaya.