PENGARUH MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI
Keywords:
Muatan Etika, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, serta sikap EtisAbstract
Tujuan berasal penelitian ini untuk menguji secara empiris dampak muatan etika dalam 
pengajaran akuntansi keuangan, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional terhadap sikap 
etis mahasiswa akuntansi. Populasi pada penelitian ini artinya seluruh mahasiswa akuntansi 
pada empat Perguruan tinggi pada kota Padang. Sampel dalam penelitian ini dipengaruhi 
dengan memakai teknik purposive sampling yg berjumlah 100 sampel. Jenis data yg 
dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari pengumpulan 
data memakai informasi lapangan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan 
analisis regresi linear berganda. akibat penelitian ini membagikan bahwa kecerdasan 
intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi, 
sedangkan muatan etika dalam pedagogi akuntansi keuangan serta kecerdasan emosional 
tidak berpengaruh terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi.