FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN

Authors

  • Fatya Saleh
  • Ethika Ethika
  • Arie Frinola Minovia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena tingkat kepatuhan wajib pajak yang belum mencapai 100%.Penelitian ini bertujuan mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap WP terhadap kepatuhan WP dalam pembayaran PBB.Penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini diperoleh dari perumahandi kota Padang. Jumlah kuesioner yang disebarkan adalah 136. Analisa data dilakukan dengan metode regresi berganda  menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkanhipotesis pertama yaitukesadaran membayar pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, karena dengan kesadaran maka wajib pajak membayar pajak dengan tepat waktu. Hipotesis kedua pengetahuan tentang peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak, karena wajib pajak tidak harus mengetahui semua peraturan pajak untuk dapat patuh dalam membayar pajak namun sebaiknya wajib pajak mengetahui untuk apa pajak yang dibayarkan tersebut. Pada hipotesis ketiga ditemukan bahwa sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, karena dengan adanya sanksi maka wajib pajak bisa merasakan jera terhadap ketidak patuhannya dalam keterlambatan atau ke alphaan dalam membayar pajak. dan hipotesis keempat ditemukan bahwa pelayanan kantor pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak karena pajak merupakan kewajiban sebagai warga negara yang baik, maka bagaimanapun pelayanan yang diberikan wajib pajak berkewajiban membayar pajak.

Kata Kunci: kepatuhan wajib pajak

Published

2013-03-19