ANALISIS KANDUNGAN INFORMASI PENGUMUMAN RIGHT ISSUE PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2006 – 2011)

Authors

  • Rido Perwira
  • Dwi Fitri Puspa
  • Yunilma Yunilma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah terdapat reaksi terhadap pengumuman right issue, yang diukur dengan abnormal return dan trading volume activity disekitar tanggal pengumuman (sebelum, saat, dan setelah pengumuman) di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian menggunakan event study (studi peristiwa) dengan menggunakan pendekatan mean adjusted model. Sampel penelitian adalah perusahaan perbankan yang listing di bursa efek Indonesia yang mengeluarkan pengumuman right issue periode tahun 2006 – 2011 (23 perusahaan). Untuk menguji hipotesis digunakan teknik statistik uji beda dengan metode paired two sampel for means test untuk menguji abnormal return dan uji wilcoxon untuk menguji trading volume activity.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumuman right issue tidak memiliki kandungan informasi yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investor di Bursa Efek Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum, saat, dan setelah pengumuman right issue.

Kata kunci: right issue, abnormal return, trading volume activity  

Published

2013-03-19