PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, INFLASI, INVESTASI DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PADANG

Authors

  • Julia Miranti
  • alvis Rozani
  • Kasman Karimi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Inflasi, Investasi dan Pertumbuhan Penduduk terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang. Permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana pengaruh pengeluaran pemerintah, inflasi, investasi dan pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Padang. Model ini menggunakan persamaan regresi linear berganda. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS 14.0, uji ini menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji Multikolinearitas dan uji autokorelasi, serta analisis regresi berganda yang meliputi uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parameter (uji t) dan uji signifikan sisimultan (uji F).

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa Pengeluaran Pemerintah signifikan pada α = 5 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Padang, sedangkan Inflasi, Investasi dan Pertumbuhan Penduduk tidak signifikan. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa secara keseluruhan variable independen (PengeluaranPemerintah, Inflasi, Investasi dan Pertumbuhan Penduduk) secara bersama-sama dapat menunjukkan pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Padang. Nilai R-Square sebesar 0,715 yang berarti sebesar 71,5 persen variansi Pertumbuhan Ekonomi Kota Padang dapat dijelaskan dari keempat variable independen, sedangkan sisanya 28,5 persen dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model.

 

 

         Kata kunci :PDRB, PengeluaranPemerintah, Inflasi, InvestasidanPertumbuhanPenduduk.

 

Published

2013-03-19