ANALISIS PENGARUH HUTANG LUAR NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING(PMA), PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI(PMDN), DAN KRISIS EKONOMI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Authors

  • Seprimendra Seprimendra
  • Alvis Rozani
  • Kasman Karimi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hutang laur negeri, PMA, PMDN, dan Krisis ekonomi terhadap PDB Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki masalah ekonomi makro dalam jangka panjang, yaitu masalah kekurangan modal dan Pengunaan hutang luar negeri sebagai sumber pembiayaan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

 

Analisis data yang digunakan untuk penelitian ini mengunakan metode analisis regresi linear berganda dengan memakai SPSS 15.0. Uji  hipotesis mengunakan pengujian secara parsial( Uji t), uji simultan (Uji F) dan Uji koefisien Determinasi (R2). Uji Asumsi Klasik dengan Uji Multikolinearitas, dan Autokorelasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Hutang luar negeri, PMA, PMDN, Krisis Ekonomi, dan Data PDB Indonesia.

 

Hasil analisis regresi menunjukan bahwa variabel Hutang luar negeri, dan Krisis Ekonomi memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap  PDB Indonesia, sedangkan  PMDN memiliki pengaruh yang negatif dan Tidak Signifikan terhadap PDB Indonesia, Kecuali PMA memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap PDB Indonesia. Dan diperkuat dengan Hasil R2 dengan nilai R square sebesar 0,731 yang berarti 73,0 persen variansi naik turunya PDB Indonesia dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dan sisanya sebesar 26,90 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model.

 

 

Kata Kunci : PDB, Hutang Luar Negeri,  Investasi (PMA dan PMDN),  dan Krisis Ekonomi.

 

 

 

Published

2013-03-20