PENGARUH LOCUS OF CONTROL, KOMITMEN PROFESIONAL, DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP PERILAKU AKUNTAN PUBLIK DALAM SITUASI KONFLIK AUDIT DENGAN KESADARAN ETIS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Authors

  • Irma Lumban Gaol
  • Herawati Herawati
  • Yunilma Yunilma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control, komitmen profesional dan pengalaman audit terhadap perilaku akuntan publik dalam situasi konflik audit dengan kesadaran etis sebagai variabel pemoderasi. Responden penelitian terdiri dari para auditor pada kantor akuntan publik di Padang, Pekan Baru dan Medan. Jumlah kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 120 lembar dan kuesioner yang dapat dianalisis lebih lanjut sebanyak 87 lembar. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 15.0.

Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa locus of control, komitmen profesional, dan pengalaman audit serta kesadaran etis sebagai pemoderasi bila diuji secara bersama-sama atau simultan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik. Hasil penelitian secara parsial terhadap  locus of control, komitmen profesional, dan pengalaman audit dengan kesadaran etis sebagai pemoderasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan pada perilaku auditor dalam situasi konflik audit yaitu sebesar 0.072, 0.550, dan 0.419.

Kata kunci :    Komitmen Profesional dan kesadaran etis

Published

2013-03-20