PERANAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PEREKONOMIAN SUMATERA BARAT

Authors

  • Prima Setia Oktarizal
  • Firdaus Sy
  • Nurul Huda

Abstract

            Sektor pertanian memperoleh perhatian yang sangat besar yang disebabkan oleh karena adanya keadaan alam dan letak geografis Indonesia yang cocok untuk dijadikan daerah pertanian. Studi ini  meneliti tentang pengaruh nilai tambah sektor pertanian, tenaga kerja sektor pertanian, investasi sektor pertanian terhadap perekonomian Sumatera Barat, periode analisis tahun 2001-2011.

            Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa besar pengaruh nilai tambah sektor pertanian, tenaga kerja sektor pertanian, investasi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Barat. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan dalam mengatasi masalah perekonomian Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), metode yang digunakan  regresi linear berganda.

            Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai tambah sektor pertanian berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB di Sumatera Barat, variabel tenaga kerja sektor pertanian berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap PDRB di Sumatera Barat, variabel investasi sektor pertanian juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap (PDRB) Sumatera Barat.

 

Kata kunci : PDRB, Nilai Tambah, Tenaga Kerja,

 Investasi.

           

Published

2013-03-20