Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajemen dan Tipe Industri sebagai Variabel Moderating

Authors

  • Riri Permata Sari
  • Dwi Fitri Puspa
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajemen dan tipe industry sebagai variabel moderating.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 83 perusahaan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009-2011. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purpose sampling dan pengujian hipotesa menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan Eviews.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa kepemilikan manajemen dan tipe industri tidak berpengaruh sebagai variabel moderating dalam hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan.

 

Kata kunci: corporate social responsibility, kepemilikan manajemen, tipe industri, nilai perusahaan

 

Published

2013-03-20