PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Listed di BEI)

Authors

  • Kiki Afialim Fitri
  • Dwi Fitri Puspa
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya pengaruh struktur kepemilikan yang diukur dengan kepemilikan manajerial dan institusional terhadap kualitas laba.Pada penelitian ini digunakan 37 perusahaan yang listed di Bursa Efek Indonesia.

Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling.Periode penelitian dilakukan dari tahun 2009 – 2011. Untuk mempermudah tahapan pengolahan data digunakan dua kategori variabel. Pertama adalah variabel independen yaitu kepemilikan managerial dan kepemilikan institusional. Kedua adalah variabel dependen adalah kualitas laba Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa sktruktur kepemilikan managerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa selama periode observasi didalam penelitian ini struktur kepemilikan yang diukur dengan kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional bukanlah variabel  yang mempengaruhi kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia.

 

Kata Kunci :    Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kualitas Laba,Bursa   Efek Indonesia

Published

2013-03-20