PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Authors

  • Yosfan Yunas
  • Fivi Anggraini
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dengan gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi sebagai variabel pemoderasi.  Sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan struktural dan tim anggaran yang terlibat langsung dan mempunyai tanggung jawab dalam proses penyusunan anggaran pada bidang dan devisinya. Untuk menjawab perumusan , tujuan dan hipotesis penelitian maka analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama menunjukkan bahwa partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Hasil hipotesis kedua  adalah menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan adalah variabel pemoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Dan hasil hipotesis ketiga adalah menunjukkan bahwa komitmen organisasi  adalah bukan variabel pemoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran.

 

Kata kunci :     Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi.

Published

2013-03-21