PENGARUH INSENTIF PAJAK-NON PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011)

Authors

  • Dian Anggraini Putri
  • Yeasy Darmayanti
  • Resti Yulistia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pajak-non pajak terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. dimana perusahaan yang dipergunakan sebanyak 51 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2011, sehingga jumlah data seluruhnya 306 data.

Dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut insentif pajak, earnings pressure, earnings bath dan Ukuran perusahaan (size negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2011. Sementara tingkat hutang berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2011.

                                                                            

Kata kunci:    insentif pajak-non pajak, manajemen laba

Published

2013-03-21