PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN

Authors

  • Roy Ulina Sihotang
  • Resti Yulistia
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan laporan tahunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2009 sampai 2011. Dalam penelitiaan ini terdapat dua variabel yaitu yang petama variabel independen yang terdiri dari likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, status perusahaan dan leverage, yang kedua variabel dependen yaitu Pengungkapan Laporan Tahunan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan Pertambangan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia dan  Indonesian Capital Market Directory dari tahun 2009- 2011, dan diperoleh sebesar 10 perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan mengunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan.

Alat yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah uji regresi berganda. Berdasarkan hipotesis yang telah dilakukan diperoleh bahwa Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Status Perusahaan dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Laporan Tahunan.

                                                               

Kata kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Status Perusahaan, Leverage, Pengungkapan Laporan Tahunan.

Published

2013-03-21