https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/issue/feedAbstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University2025-03-24T09:52:40+00:00Fakultas Ekonomife@bunghatta.ac.idOpen Journal SystemsJurnal ini merupakanhttps://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27443PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA NASABAH TABUNGN EMAS PEGADAIAN YANG ADA DI KOTA PADANG2025-03-21T04:49:25+00:00Kiko Morenokikomoreno015@gmail.comRika DesiyantiRikadesiyanti@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pada Nasabah Tabungn Emas Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang. Studi empiris dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pada Nasabah Tabungn Emas Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang. Objek Penelitian yang digunakan adalah PT. Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menguji tiga hipotesis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 288 responden yang secara langsung didapatkan dari nasabah Pegadaian Cabang Tarandam yang menggunakan tabungan emas. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eliterasi keuangan, pendapatan dan perilaku keuangan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Investasi Pada Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Cabang Tarandam Kota Padang.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27520PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA BANK BRI MOBILE BANKING (Studi Kasus Nasabah BRI Bagindo Aziz Chan)2025-03-21T13:22:14+00:00Rizki Ponegororizkiponegoro150701@gmail.comLindawati Lindawatilindawati@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa Pengaruh E-Service Quality dan E- Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Studi empiris dilakukan untuk menganalisis Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang secara langsung didapatkan dari nasabah bank BRI yang menggunakan Mobile Banking. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E- Service Quality dan E-Trust berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Bank BRI Mobile Banking2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27521PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN YANG DIMEDIASI OLEH LOCUS OF CONTROL2025-03-21T13:41:10+00:00Muhammad Rafirafi081190@gmail.comListiana Sri Mulatsihlistiana@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial literacy dan gaya hidup terhadap perilaku manajemen keuangan yang dimediasi oleh locus of control. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta tahun akademik 2024/2025. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) melalui program Smart PLS 3.0. Hasil pengujian hipotesis ditemukan Financial literacy dan Locus of Control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan, baik secara langsung maupun melalui mediasi, sementara Gaya Hidup tidak berpengaruh signifikan secara langsung namun memiliki dampak positif ketika dimediasi oleh Locus of Control.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27551PENGARUH MASA KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN PRESTASI KERJA TERHADAP PROMOSI JABATAN KARYAWAN PADA PT AGRI MITRA UTAMA PERSADA2025-03-22T09:40:27+00:00Yubilio Zuliyubiliozuli8@gmail.comElfitra Azliyantielfitraazliyanti@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masa kerja, pengalaman kerja, prestasi kerja terhadap promosi jabatan karyawan pada PT Agri Mitra Utama Persada Kota Padang. Sampel yang digunakan 62 responden. Teknik pengambilan sampel adalah teknis sensus. Data diolah menggunakan Statical Package for Social Science (SPSS). Hasil penelitian Masa Kerja berpengaruh terhadap Promosi Jabatan Karyawan, Pengalaman Kerja tidak berpengaruh terhadap Promosi Jabatan Karyawan, dan Prestasi Kerja tidak berpengaruh terhadap Promosi Jabatan Karyawan pada PT Agri Mitra Utama Persada Kota Padang.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27553PENGARUH FINTECH PAYMENT, MONEY ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA S-1 UNIVERSITAS BUNG HATTA2025-03-22T10:00:45+00:00Ira Septi Anorairaseptianora293@gmail.comTyara Dwi Putrityaradwiputri@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Fintech Payment, Money Attitude,, Financial Knowledge, dan Financial Self Efficacy Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden mahasiswa S-1 Universitas Bung Hatta. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunkan program partial least squere PLS. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa fintech payment berpengaruh positif terhadap perilaku manajemen keuangan, money attitude berpengaruh positif terhadap perilaku manajemen keuangan, financial knowledge bepengaruh negatif terhadap perilaku manajemen keuangan, dan financial self efficacy tidak berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27554Pengaruh E-Commerce, Uang Saku, Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Setelah Masa Pandemi Covid 19 (Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta angkatan 20212023)2025-03-22T10:10:19+00:00Reza Fitriarzaftria02@gmail.comRika Desiyantirikadesiyanti@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce, uang saku, pengendalian diri dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa setelah masa pandemi covid 19. Variabel yang diteliti meliputi e-commerce (X1), uang saku (X2), pengendalian diri (X3) dan literasi keuangan (X4) sebagai variabel independen, serta perilaku konsumtif (Y) sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bung Hatta Angkatan 2021-2023. Sampel yang diambil 211 orang responden dengan menggunakan metode Proportionate Startified Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ecommerce dan uang saku berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, pengendalian diri dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27555PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pembelian Produk Outdoor Rei di Kota Padang) 2025-03-22T10:15:31+00:00Fajri Novrianfajrinovrian79928@gmail.comReni Yulivionareniyuliviona@bunghatta.ac.id Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh citra merek pada produk outdoor Rei di Kota Padang. Sampel awal sebanyak 83 responden yang pernah membeli produk outdoor Rei di Kota Padang.Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan kuesioner. Data di analisis dengan Smart PLS versi 3.0 dengan hasil penelitian: persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, serta harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek.Pengujian variabel intervening menunjukan bahwa variabel citra merek dapat mempengaruhi pengaruh tidak langsung antara persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh tidak langsung antara harga terhadap keputusan pembelian. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27556PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Produk New Avanza Di Padang) 2025-03-22T10:19:00+00:00Gesha Nurmas Sectio Putrigeshanurmassectioputri.12@gmail.comIrda Irdairda@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk new avanza di kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara langsung dan media social. Objek pada penelitian ini adalah konsumen yang memakai produk new avanza di kota Padang. diolah dengan bantuan alat analisis Statistical Package For The Social Sciences (SPSS). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Citra merek, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27557 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXIM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang) 2025-03-22T10:23:17+00:00Yoga Saputrayogasaputra191508@gmail.comIce Kamelaicekamela@bunghatta.ac.id Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan Maxim untuk menunjukkan dan menguji bagaimana Kebahagiaan pelanggan dipengaruhi oleh harga, iklan, dan kualitas layanan. Pada riset ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa di Universitas Bung Hatta Padang dipilih melalui penggunaan purposive sampling. Informasi dan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini diperoleh melalui survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner langsung ke sampel target yang dipilih. Regresi linier berganda dan pengujian statistik-t adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menunjukkan kebenaran hipotesis. Perangkat lunak SPSS digunakan untuk pemrosesan data. Menurut temuan pengujian hipotesis, ditemukan Kepuasan pelanggan terhadap Maxim dipengaruhi secara positif oleh harga dan kualitas layanan, tetapi promosi tidak pengaruh kepuasan pelanggan di Kota Padang terhadap kepuasan pelanggan Maxim. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27558PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA PADANG 2025-03-22T10:27:02+00:00Muhammad Sahprialmuhammadsahprialll@gmail.comlindawati lindawatilindawati@gmail.comPenelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan layanan Tokopedia di Kota Padang. Pada riset ini terpilih sebanyak 96 orang responden, metode atau teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana responden yang terpilih telah memiliki pengalaman berbelanja melalui layanan Tokopedia minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Sesuai dengan pengolahan data yang telah dilakukan ditemukan citra merek dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan di Kota Padang untuk menggunakan layanan Tokopedia dalam berbelanja online. Temuan tersebut mengisyaratkan semakin tinggi citra merek dan kepercayaan merek yang terbentuk dalam diri pelanggan akan semakin meningkatkan loyalitas mereka untuk terus berbelanja online melalui layanan Tokopedia. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27559PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KETERIKATAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA (Pada Karyawan PT.PLN (Persero) UP3 Padang)2025-03-22T10:30:16+00:00Mitra Kurniamitrakurnia19@gmail.comElfitra Azliyantielfitraazliyanti@bunghatta.ac.id Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Keterikatan Kerja dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Pada Karyawan PT.PLN (Persero) UP3 Padang. Pada riset ini terpilih sebanyak 53 orang responden, metode atau teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sensus, dimana responden yang dipilih adalah seluruh karyawan PT.PLN (Persero) UP3 Kota Padang. Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Sesuai dengan pengolahan data yang telah dilakukan ditemukan Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Padang. Kemudian Keterikatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Padang. Serta Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan PT PLN (Persero) UP3 Padang. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27563Pengaruh Harga dan Promosi Shopee Food Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Food Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang2025-03-23T00:29:03+00:00Randa Arya PrasetiaRandaarya2@gmail.comLindawati Lindawatilindawati@bunghatta.ac.idDengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, penelitian ini meneliti bagaimana harga dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen mahasiswa ShopeeFood di Universitas Bung Hatta Padang. Ukuran sampel penelitian ini terdiri dari 138 responden, yang mewakili seluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data, dan SPSS V21 digunakan untuk pengolahan data. Menurut temuan penelitian, mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang agak terpengaruh secara positif dan signifikan oleh harga dan promosi saat melakukan pembelian di ShopeeFood2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27573Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Di Kota Padang2025-03-23T03:36:27+00:00Sultan Arif Syahbana,Sultanarifsyahbana5@gmail.comIce Kamelaicekamela@yahoo.comPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara langsung. Objek pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berminat sepeda motor suzuki di Kota Padang dengan jumlah sampel 80 orang. Penelitian ini diolah dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh positif sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap minat be2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27574PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR ASSET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2019-2023)2025-03-23T03:48:46+00:00Dheo Rivaldorivaldodheo324@gmail.comListiana Sri Mulatsihlistiana@bunghatta.ac.idListiana Sri Mulatsihlistiana@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa Pengaruh Profitabilitas, Struktur Asset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening. Studi empiris dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Asset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menguji tujuh hipotesis dengan menggunakan metode dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur asset dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, struktur asset dan nilai perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27576PENGARUH GAYA HIDUP, EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO DI KOTA PADANG2025-03-23T04:28:58+00:00Delia Rizki Wulandarideliarizkiwulandari2@gmail.comIce Kamelaicekamela@yahoo.comPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di Kota Padang . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk smartphone Vivo di Kota Padang dengan jumlah sampel 80 orang. Pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan simple purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa gaya hidup, ekuitas merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di kota Padang.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27577Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Painan2025-03-23T04:45:24+00:00Widia Elisa Putri,Widiaelisa1299@gmail.comIce Kamelaicekamela@yahoo.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, dan komitmen organisasi terhadap organizational citizhenship behavior padapegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Painan Pesisir selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara lansung. Objek pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Painan Pesisir Selatan yang terdiri dari Pns dan Non Pns. alat analisis yang digunakan regresi linear berganda dan di bantu SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa lingkungan kerja, motivasi kerja, dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap organizational citizhenship behavior padapegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Painan Pesisir selatan.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27579Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat2025-03-23T05:11:01+00:00Yudi Ramadhanyudiramadhann21@gmail.comIce Kamelaicekamela@yahoo.comPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transaksional dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Sumber Daya Energi dan Mineral Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 69 orang pegawai negeri sipil. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan uji t- statistik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa gaya kepemimpinan transaksional memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Selain itu, motivasi kerja juga berkontribusi secara positif terhadap kinerja pegawai. Implementasi gaya kepemimpinan transaksional dan tingginya motivasi kerja berkontribusi dalam meningkatkan kinerja pegawai.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27624ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RISIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA 2025-03-23T21:47:19+00:00Rezzi Ilham Putrarezziilhamputra@gmail.comYuhelmi Yuhelmiyuhelmi@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh Analisis Faktor Fundamental Dan Risiko Sistematik Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan software E views. Hasil penelitian menunjukkan return on asset dan current ratio berpengaruh positif terhadap harga saham sedangkan debt to equity ratio dan risiko sistematis berpengaruh negatif terhadap harga saham. disarankan agar memperpanjang tahun atau periode penelitian agar hasil yang diperoleh lebih baik dari penelitian ini. harga saham agar mendapatkan hasil yang lebih luas dari hasil penelitian ini 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27625Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Mengelola Keuangan (Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta angkatan 2020-2022)2025-03-23T21:57:05+00:00Julia Novita Sarijulianovitasari010609@gmail.comRika Desiyantirikadesiyanti@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, pengetahuan keuangan, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku mengelola keuangan pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta. Variabel yang diteliti meliputi literasi keuangan (X1), pengetahuan keuangan (X2), dan pendapatan orang tua (X3) sebagai variabel independen, serta perilaku mengelola keuangan (Y) sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bung Hatta, angkatan 2020 2022. Sampel yang diambil 251 orang responden dengan menggunakan metode Proportionate Startified Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku mengelola keuangan, pengetahuan keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku mengelola keuangan, dan pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku mengelola keuangan. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27628PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Ms Glow Shinta Padang)2025-03-23T22:20:37+00:00Sherina Muharami Sabrisherinamuharami1@gmail.comDahliana Kamenerdahlianakamener@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu seseorang yang telah melakukan pembelian di Ms Glow Shinta, yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dan SEM PLS. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27630PENGARUH VARIABEL BEBAS WAKTU TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KUALITAS DYADIC SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PEGAWAI DINAS PERTANIAN KABUPATEN DHARMASRAYA 2025-03-23T22:24:02+00:00Adelfina Lubisfinaadellubis@gmail.comSurya Dharmasdharma3005@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal usia terhadap kepuasan kerja, menjelaskan hubungan masa kerja terhadap kepuasan kerja, menjelaskan usia dyadic terhadap kepuasan kerja, menjelaskan hubungan kausal usia berpengaruh terhadap kepuasan kerja yang dimoderasi oleh kualitas dyadic, dan menjelaskan hubungan masa kerja terhadap kepuasan kerja yang di moderasi oleh kualitas dyadic. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Objek pada penelitian ini adalah seluruh seluruh pegawai dinas pertanian Kabupaten Dharmasraya, diolah dengan bantuan alat analisi Stata/SE 17. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa usia dan masa kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan kualitas dyadic tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, sehingga kualitas dyadic sebagai variabel pemoderasi tidak dapat diuji sebagai pemoderasi usia dan masa kerja terhadap kepuasan kerja.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27632Pengaruh Return On Assets Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI) Periode 2019-20232025-03-23T22:28:22+00:00Fortunella Marshandafortunellamarshanda40@gmail.comFortunella Marshandafortunellamarshanda40@gmail.comYuhelmi Yuhelmiyuhelmi@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk pengaruh Return On Assets dan Debt to Equity Ratio terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mengenai variabel-variabel, serta moderasi regresi analisis data panel. Jumlah pengaruh sampel 39 sampel, hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA dan DER tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, ukuran perusahaan memoderasi hubungan antara DER dan nilai perusahaan secara signifikan, tetapi ukuran perusahaan tidak memoderasi ROA terhadap nilai perusahaan.2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27634Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko Dan Sikap Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Mahasiswa Universitas Bung Hatta2025-03-23T22:40:43+00:00Febi Islamiatifebiislamiati01@gmail.comRika Desiyantirikadesiyanti@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko, dan sikap keuangan terhadap keputusan investasi generasi milenial Mahasiswa Universitas Bung Hatta. Variabel yang diteliti meliputi literasi keuangan (X1), persepsi risiko (X2), dan sikap keuangan (X3) sebagai variabel independen, serta keputusan investasi (Y) sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bung Hatta, angkatan 2021-2023. Sampel yang diambil 204 orang responden dengan menggunakan metode Proportionate Startified Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi, persepsi resiko berpengaruh positif terhadap keputusan investasi, dan sikap keuangan berpengaruh terhadap keputusan investasi. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/27784Pengaruh Etika Kerja Islam, Pengembangan Karir Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan di Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Tebo2025-03-24T07:03:39+00:00Taufikurrahman TaufikurrahmanTaufikurrahmanfiik@gmail.comDahliana Kamenerdahlianakamener@bunghatta.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh etika kerja islam, pengembangan karir, dan lingkungan kerja terhadap turnover intention di Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara langsung. Objek pada penelitian ini adalah seluruh karyawan dari Bank Stariah Indonesia Kabupaten Tebo dengan jumlah karyawan 45 orang, diolah dengan bantuan alat analisis Smart PLS 4. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa etika kerja islam berpengaruh negatif terhadap turnover intention, pengembangan karir dan lingkungan kerja juga berpengaruh negatif terhadap turnover intension di Bank Syariah Indonesia Kabupaten Tebo. 2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025