Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK Jurnal ini merupakan en-US fe@bunghatta.ac.id (Fakultas Ekonomi) khai_hatta@yahoo.co.id (Khairuddin) Wed, 20 Mar 2024 07:08:46 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA: DIMEDIASI WORK-FAMILY CONFLICT DAN SLEEP DISTURBANCE (Studi Kasus: Tenaga Kesehatan Sukarela di RSUD Sultan Thaha Saifuddin Muara Tebo, Jambi) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24977 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kelelahan kerja dengan work-family conflict dan sleep disturbance sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan sukarela yang sudah berkeluarga dengan jumlah sampel akhir sebanyak 127 responden. Model penelitian ini diuji kesesuaiannya melalui analisis Structural Equation Model dengan menggunakan software Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa stres kerja tidak berpengaruh terhadap kelelahan kerja, stres kerja berpengaruh positif terhadap work-family conflict, work-family conflict berpengaruh posititf terhadap kelelahan kerja, work-family conflict memediasi hubungan antara stres kerja dan kelelahan kerja, stres kerja berpengaruh positif terhadap sleep disturbance, sleep disturbance berpengaruh positif terhadap kelelahan kerja, sleep disturbance memediasi hubungan antara stres kerja dan kelelahan kerja Radiatul Husna, Listiana Sri Mulatsih Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24977 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH SPIRITUAL LEADERSHIP, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP DEVIANT BEHAVIOUR: JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24980 Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh spiritual leadership dan transformational leadership terhadap deviant behaviour. Selain itu, penelitian ini juga melihat peran kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Metode pengolahan data mengaplikasikan Model Persamaan Struktural (structural equation model) dengan menggunakan software Smart-Partial Least Square (PLS) 3.0. Jumlah sampel akhir sebanyak 167 responden. . Uji hipotesis menunjukan bahwa job satisfaction memediasi hubungan antara transformational leadership dan deviant behaviour dengan jenis mediasi complementary mediation. Selain itu, hasil penelitian menunjukan bahwa spiritual leadership tidak berpengaruh terhadap deviant behaviour, spiritual leadership tidak berpengaruh terhadap job satisfaction, transformational leadership berpengaruh positif terhadap deviant behaviour, transformational leadership berpengaruh positif terhadap job satisfaction, job satisfaction berpengaruh positif terhadap deviant behaviour, dan job satisfaction tidak memediasi hubungan antara spiritual leadership dan deviant behaviour.. Rizki Nofriadi , Zaitul Zaitul, Reni Yuliviona Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24980 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH DIGITAL MARKETING, PERCEIVED VALUE DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN: KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24995 Konsumen loyal adalah sebuah aset yang menjadi prioritas bagi UMKM untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif dan meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Menjaga konsumen yang loyal tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan, namun menjadi keharusan bagi pelaku UMKM. Memaksimalkan penggunakan digital marketing, pemberian nilai tambah pada produk, dan penetapan harga yang sesuai akan berpotensi membuat konsumen menjadi loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, perceived value dan harga terhadap loyalitas konsumen: kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner didistribusikan kepada 120 konsumen UMKM Sektor Kuliner Kemasan di Kota Padang. Selanjutnya, data diolah menggunakan model Measurent Model Assessment (MMA) berbasis SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, digital marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, perceived value berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara digital marketing dan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara perceived value dan loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen memediasi hubungan antara harga dan loyalitas konsumen. Anesa Bela Putri, Sefnedi Sefnedi Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24995 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH CAREER CALLING DAN WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP JOB EMBEDDEDNESS DENGAN CAREER ADABTABILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Universitas Andalas Kota Padang) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24997 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh panggilan karir pegawai dan konflik keluarga-pekerjaan terhadab keterikatan kerja pegawai pemerintah di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang. Selain itu penelitian ini menginvestigasi peran variabel adabtabilitas karir sebagai variabel mediasi antara panggilan karir dan konflik keluarga-pekerjaan terhadap keterikatan kerja. Keterikatan kerja pegawai merupakan variabel penting yang mendapat perhatian dalam kenyamanan dan bertahan dalam pekerjaan, sehingga dapat memberikan layanan yang optimal di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Tenaga Kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Universitas Andalas Padang, dimana jumlah sampel sebanyak 148 pegawai dengan menggunakan Proporsional Cluster Random Sampling. Model penelitian ini diuji kesesuaiannya melalui analisis Structural Equation Model dengan menggunakan softwere Smart-PLS 3.2.Hasil penelitian membuktikan bahwa panggilan karir berpengaruh terhadap keterikatan kerja, konflik keluarga-pekerjaan tidak berpengaruh terhadap keterikatan kerja, panggilan karir berpengaruh terhadap adabtabilitas karir, konflik keluarga-pekerjaan tidak berpengaruh terhadap adabtabilitas karir, adabtabilitas karir berpengaruh terhadap keterikatan kerja, adabtabilitas karir memediasi hubungan antara panggilan karir dengan keterikatan kerja dan adabtabilitas karir memediasi hubungan antara konflik keluarga-pekerjaan dengan keterikatan kerja. AL Lya Razaq, Sefnedi Sefnedi, Reni Yuliviona Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24997 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Social Media Marketing dan Religiosity Terhadap Voting Intention Dengan Citra kandidat Sebagai Variabel Mediasi https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24998 Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh social media marketing, religiosity terhadap voting intention. Penelitian ini juga menginvestigasikan peran variabel citra kandidat sebagai medisi antara social media marketing, religiosity dan voting intention. Tujuh hipotesis dikembangkan dan diuji dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah theory of reasoned action. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner metode purposive sampling. Metode pengolahan data mengaplikasikan Model Persamaan Struktural (structural equation model) dengan menggunakan software Smart-Partial Least Square (PLS) 3.0. Jumlah sampel akhir sebanyak 155 responden.. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa empat pengaruh langsung juga signifikan yaitu (i) religiosity dan citra kandidat. (ii) citra kandidat.dan voting intention (iii) citra kandidat memediasi hubungan antara pengaruh religiosity dan voting intention. Dan tiga pengaruh langsung tidak signifikan yaitu pengaruh social media marketing dan religiosity terhadap voting intention, social media marketing terhadap citra kandidat. Dan satu pengaruh tidak langsung tidak singnifikan yaitu citra kandidat memediasi hubungan antara pengaruh social media marketing dan voting intention. Adeza Guntia, Sefnedi Sefnedi, Reni Yuliviona Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/24998 Wed, 20 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR SEBAGAI PEMEDIASI ANTARA NEGATIVE AFFECT, KNOWLEDGE SHARING DAN KINERJA KREATIF : PERAN KOMPETENSI KERJA SEBAGAI MODERASI ( Studi Kasus pada Basarnas dan BPBD Provinsi Sumatera Barat) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25007 Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB) sebagai pemediasi antara Negative Affect, Knowledge Sharing, dan Kinerja Kreatif, dengan peran Kompetensi Kerja sebagai moderator. Studi dilakukan pada Basarnas dan BPBD di Provinsi Sumtera Barat. 9 hipotesis dikembangkan dan di uji dengan pendekatan kuantitatif. Teori dari penelitian ini adalah Mood Of Regulation Theory. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner metode purposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakan skala likert lima dengan rentang “sangat tidak setuju”(1) sampa pada “sangat setuju”. Metode pengolahan data mengaplikasikan Model Persamaan Struktural (structural equation model) dengan menggunakan software Smart-Partial Least Square (PLS) 3.0. Jumlah sampel akhir sebanyak 201 responden. Measurement model assessment dan structural model assessment digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Setelah lolos dari penilaian model pengukuran, model struktur menunjukan bahwa model mempunyai relevansi dan kekuatan predikrif yang baik. Uji hipotesi menunjukkan bahwa organizational citizenship behaviour (OCB) memediasi hubungan antara negative affect dan kinerja kreatif ,kompetensi kerja memoderasi hubungan antara negative affect dan organizational citizenship behaviour (OCB). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lima pengaruh langsung juga siginifikan yaitu (i) organizational citizenship behaviour (OCB) dan kinerja kreatif (ii) knowledge sharing dan kinerja kreatif (iii) knowledge sharing ke kinerja kreatif (iv) kompetensi kerja dan organizational citizenship behaviour (OCB). Dan tiga pengaruh langsung dan tidak signifikan yaitu negative affect dan kinerja kreatif (ii) negative affect dan organizational citizenship behaviour (OCB). Stevany mz, Akmal Akmal, Fivi Anggarini Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25007 Thu, 21 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP KREATIVITAS PEGAWAI DENGAN EMPLOYEE VOICE BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Dinas Pendidikan Aceh) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25060 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan psikologis terhadap kreativitas pegawai dengan employee voice behavior sebagai mediasi (studi pada pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Aceh). Jumlah responden sebanyak 164 orang pegawai. Model penelitian ini diuji kesesuaiannya melalui analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan softwere Smart-PLS versi 3.2.9. Penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap empoyee voice behavior tetapi tidak berpengaruh terhadap kreativitas pegawai. Pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap empoyee voice behavior dan kreativitas pegawai, dan employee voice behavior tidak berpengaruh terhadap kreativitas pegawai. Selanjutnya, employee voice behavior tidak memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional, pemberdayaan psikologis dan kreativitas pegawai di Dinas Pendidikan Provinsi Aceh. Noni Afridar, Sefnedi Sefnedi, Irwan Muslim Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25060 Fri, 22 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH JOB MINDFULNESS TERHADAP EMOTIONAL EXHAUSTION MELALUI PSYCOLOGICAL DISTRESS DAN WORKPLACE BULLYING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Pada Pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang) https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25061 Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara nyata pengaruh job mindfulness terhadap emotional exhaustion melalui psychological distress dan workplace bullying sebagai variabel mediasi pada pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang. Pada penelitian digunakan sebanyak 141 orang yang dipilih dengan menggunakan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pegawai yang memenuhi prosedur pemilihan yang ditetapkan. Metode analisis data yang digunaka adalah analisis jalur (path analysis) yang diolah dengan menggunakan Pattial Least Square (PLS). Job mindfulness dan psychological distress tidak berpengaruh terhadap emotional exhaustion yang dirasakan pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang, sedangkan Workplace bullying berpengaruh positif terhadap emotional exhaustion yang dirasakan pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang. Dalam tahapan pengujian hipotesis juga ditemukan Job mindfulness berpengaruh negatif terhadap psychological distress yang dirasakan pegawai Bank Nagari Cabang Utama. Selain itu Job mindfulness berpengaruh negatif terhadap workplace bullying yang dirasakan pegawai di lingkungan Bank Nagari Cabang Utama Padang. Pada tahapan pengujian pengaruh tidak langsung ditemukan Psychological distress tidak memediasi hubungan antra job mindfulness dengan emotional exhaustion yang dirasakan pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang sedangkan pada pengujian pengaruh tidak langsung kedua ditemukan Workplace bullying mampu memediasi hubungan antara job mindfulness dengan emotional exhaustion pada pegawai Bank Nagari Cabang Utama Padang. Syarifah Mulya Safitri M Sahab, Erni Febrina Harahap, Fivi Anggraini Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25061 Fri, 22 Mar 2024 00:00:00 +0000 PERAN EMOTIONAL EXHAUSTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ANTARA ABUSIVE SUPERVISION DAN CYBERLOAFING:ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI MODERASI https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25062 Riset ini bertujuan membukikan secara empiris pengaruh emotional exhaustion sebagai mediasi antara abusive supervision dengan cyberloafing melalui organizational commitment sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilaksanakan pada pegawai Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner baik secara langsung atau pun melalui bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Sesuai dengan hasil pengujian secara statistik ditemukan abusive supervision tidak berpengaruh signifikan terhadap cyberloafing pada karyawan kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Kelelahan emosional dan komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap cyberloafing pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Pada pengujian dapat dibuktikan kelelahan emosional mampu memediasi hubungan antara abusive supervision dengan cyberloafing pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, selain itu juga ditemukan Kelelahan emosional tidak memoderasi hubungan antara komitmen orgnisasional dengan cyberloafing pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Anggia Sylfen Vania, Zaitul Zaitul, Dwi Fitri Puspa Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25062 Fri, 22 Mar 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI MEDIASI Studi Kasus pada Wisatawan Destinasi Wisata Lawang Park https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25089 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai mediasi “studi kasus pada destinasi wisata Lawang Park”. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Lawang Park dimana jumlah sampel sebanyak 205 responden dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Model penelitian ini diuji kesesuainnya melalui analisis Structural Equation Model dengan menggunakan softwere Smart-PLS 3.2.9. Hasil penelitian membuktikan bahwa harga berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan, kepuasan wisatawan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan, harga yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan tidak berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan, kualitas pelayanan yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan berpengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan. Yuliana Yuliana, Sefnedi Sefnedi, Reni Yuliviona Copyright (c) 2024 https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/25089 Fri, 22 Mar 2024 00:00:00 +0000