PENYIMPANAN SEMENTARA LIMBAH MEDIS SECARA INTERNAL DI PUSKESMAS MUARA TEBO KABUPATEN TEBO

Authors

  • Leni Marlina Program Studi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta

Keywords:

Penyimpanan sementara, internal, limbah medis, Puskesmas

Abstract

Pengelolaan limbah medis diatur dalam Permenkes Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah dan Peraturan Daerah Kabupaten Tebo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pengelolan Limbah. Tujuan penelitian: 1. Untuk menganalisis pelaksanaan tanggungjawab pemerintah daerah dalam mengupayakan pengadaan fasilitas tempat penyimpanan sementara limbah medis secara internal; 2. Untuk menganalisis upaya Puskesmas Muara Tebo dalam pengadaan fasilitas tempat penyimpanan sementara limbah medis secara internal. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris (socio legal research); sumber data primer diperoleh dari wawancara, data sekunder diperoleh dari studi dokumen; data dianalisis secara kualitatif. Simpulan: 1. Pemda Kabupaten Tebo mengupayakan pengadaan fasilitas tempat penyimpanan sementara limbah medis secara internal secara bertahap; 2. Upaya yang dilakukan Puskesmas dalam pengadaan tempat penyimpanan sementara limbah medis adalah dengan mengajukan usulan ke Dinas Kesehatan, menyediakan ruangan Tempat Penyimpanan Sementara untuk menampung limbah medis dari Puskesmas dan jejaring Puskesmas di wilayah kerjanya, serta melakukan MoU dengan pihak ketiga.

References

A. Buku-buku

Bambang Sunggono, 2011, Metodologi Penelitian Hukum, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Cecep Triwibowo, 2014, Etika & Hukum Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta.

Maiyestati, 2022, Metode Penelitian Hukum, LPPM, Universitas Bung Hatta, Padang.

B. Peraturan Perundang-undangan

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Wilayah.

C. Sumber Lain

Nia Ramadhanty Purwanto, 2020, Pengaturan Pengelolaan Limbah Medis Covid-19, Jurnal Yustika Hukum dan Keadilan, 23(02), Fakultas Hukum Universitas Surabaya.

Downloads

Published

2024-03-21