PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA PARKIR DENGAN ADANYA KLAUSULA EKSONERASI PADA KARCIS PARKIR DI PLAZA ANDALAS PADANG
Abstract
Ari Rahmat Saputra1, Syafril1, Zarfinal1
1Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta
E-mail: harahapari@yahoo.co.id
Abstrak
Pelayanan jasa parkir seharusnya memberikan kenyamanan serta keamanan terhadap kendaraan yang dititipkan, akan tetapi jika ditinjau dari klausula eksonerasi yang termuat dalam karcis parkir, tidak memberikan keamanan dan kenyamanan sama sekali. Untuk itulah dilakukan penelitian mengenai Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Parkir dengan Adanya Klausula Eksonerasi Pada Karcis Parkir di Plaza Andalas Padang.
Adapun permasalahannya,1)Bagaimanakah keabsahan perjanjian parkir yang terdapat klausula eksonerasi terhadap Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen?.2)Bagaimanakah pertanggungjawaban pengelola parkir terhadap konsumen parkir apabila terjadi kehilangan kendaraan di dalam area parkir?.3)Bagaimanakah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen parkir atas hilangnya kendaraan di dalam area parkir?.
Untuk menjawab masalah di atas penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, dengan dua sumber data yaitu data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan data sekunder diperoleh dengan cara studi dokumen, hasil data dianalisis secara kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan, 1)Klausula Eksonerasi yaitu pengalihan tanggung jawab yang dicantumkan dalam karcis parkir merupakan perbuatan melawan hukum yang dinyatakan batal demi hukum. 2)Segala kerusakan dan kehilangan yang timbul akibat dari pemanfaatan jasa parkir merupakan tanggung jawab pengelola parkir untuk memberikan ganti kerugian. 3)Upaya hukum yang dapat ditempuh konsumen parkir yang kehilangan kendaraan di area parkir dengan dua cara yaitu melalui Litigasi dan Non Litigasi.
Kata Kunci: Klausula, Eksonerasi, Karcis, Parkir.