ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH

Penulis

  • Dwi Permatasari
  • . Gusmaweti
  • Wince Hendri

Abstrak

Laboratorium adalah suatu tempat dilakukan kegiatan percobaan dan penelitian. Pada pembelajaran IPA siswa tidak hanya mendengarkan pelajaran yang diberikan guru mata pelajaran tertentu, tetapi harus melakukan kegiatan sendiri untuk mendapatkan dan memperoleh informasi lebih lanjut tentang ilmu pengetahuan di laboratorium. Dengan laboratorium diharapkan proses pembelajaran dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Melihat hal ini, pemerintah telah membangun laboratorium-laboratorium IPA di sekolah yang dilengkapi dengan peralatan dan fasilitasnya (Mastika, 2014). Melihat begitu pentingnya  laboratorium IPA (Biologi) sebagai  sarana pendidikan dalam  kegiatan belajar mengajar  untuk mencapai  kompetensi  yang diharapkan bagi  peserta  didik  maka  sarana  pendidikan  di  sekolah  tersebut  perlu  dikelola dengan  baik  agar   pemanfaatan  alat  dan  fungsi  laboratorium  IPA (Biologi) dapat  tercapai secara  efektif.  Oleh  karena  itu, telah dilakukan  penelitian  berkenaan  dengan efektivitas pemanfaatan laboratorium IPA (Biologi) yang berjudul “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Di Laboratorium Biologikelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh”. 

Efektivitas adalah usaha untuk dapat mencapai sasaran yang telah ditetepkan sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan, sesui pula dengan rencana, baik dalam penggunan data, sarana, maupun waktu yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menurut Pipin (2003 “dalam” Supardi, 2013) efektivitas adalah terlaksananyakegiatan dengan baik teratur, bersih rapih, sesuai denga ketentuan dan mengandung unsur-unsur kualitatif dan seni. Untuk meningkatkan efektivitas dalam kegiatan pembelajaran harus diperhatikan beberapa faktor : antaralain kondisi kelas, sumber belajar, media dan alat bantu.

Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, yang metode yang digunakan didalam penelitian ini memilih populasi dan menghitung sampel teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling acak yang bisa dikenal random sampling, variabel venetilian efektivitas laboratorium (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y), data penilitan primer yang diperolah hasil angket sampel dan skunder dari guru mata pelajaran, teknik analisis data dengan cara menghitung persentase pada setia indikator, mengncari normalitas (One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test) Dan korelasi dengan cara product moment.

Hasil Penelitian Efektivitas pelaksanaan praktikum di laboratorium dengan indikator, memperkuat pemahaman siswa (77,81%) dengan kategori efektif, Menimbulkan sikap ilmiah (79,96%) dengan kategori efektif, Melatih keterampilan praktikum (75,77%) dengan kategori efektif, Rasional pemanfaatan (78,90%) dengan kategori efektif, keterampilan keselamatan kerja (82,49%) dengan kategori efektif, frekuensi dan alokasi waktu (65,30%) dengan katagori cukup efektif, dan Kegiatan akhir praktikum (75,15%) dengan katogi efektif, secara keseluruhan indikator adalah 76,48% dengan kategori efektif. Analisis korelasi menunjukkan hubungan yang positif antara efektivitas pelaksanaan praktikum dengan hasil bealajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kota Sungai Penuh , diperoleh sebesar 0,086.(Hubungan yang Lemah).

Kata kunci: Efektivitas, Laboratorium, Hasil Belajar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-11