ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGENAI SISTEM ORGAN PADA KELAS XI IPA DI SMA PERTIWI 1 PADANG

Penulis

  • Sri Hartiningsih Jasum
  • Erman Har
  • . Gusmaweti

Abstrak

Pada pembelajaran biologi sangat diperlukan pemahaman konsep. Jika pemahaman konsep sudah kuat, siswa dapat mengembangkan dan memahami konsep yang lebih tinggi. Pada buku teks biologi dikelas XI ditemukan pokok bahasan tentang sistem organ yang meliputi sistem sirkulasi, sistem pencernaan makanan, sistem pernapasan, sistem ekskresi, sistem saraf, sistem reproduksi, dan sistem pertahanan tubuh. Pada penelitian ini penulis akan membahas topik tentang sistem organ pencernaan makanan yang merupakan salah satu konsep dalam biologi yang memerlukan pemahaman konsep tinggi serta sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari–hari. Berdasarkan data hasil observasi penulis yang diperoleh dari guru biologi kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang pada tanggal 7 Februari 2017, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep sistem organ yang terlihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut di kelas XI yang rendah.Salah satu cara adalah analisis mengenai pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ pencernanan, mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan jenis kelamin dan hubungan pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ pencernaan dengan fasilitas belajar serta motivasi orang tua di  kelas XI IPA SMA Pertiwi 1 Padang.

Dalam  penelitian  ini menggunakan  pendekatan  deskriptif dengan  menggunakan  metode pengambilan sampel menurut Morgan & Krejcie, jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 110 orang siswa. Data dikumpulkan dengan cara menyebarangket melalui uji validasi dengan jumlah 12 item pernyataan dan kemudian di hitung dengan cara mencari rata-rata dari setiap indikator.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman konsep pada indikator bahan makanan rata-rata 3,33, organ-organ penyusun system pencernaan rata-rata 3,95, dan indicator kelainan dan gangguan pada system pencernaan rata-rata 3,61. Secara keseluruhan indikator adalah 3,63 dengan kategori pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ pencernaan tergolong sedang. Pada analisis pemahaman konsep siswa berdasarkan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ pencernaan pada laki-laki dan perempuan. Analisis korelasi menggunakan SPSS 16.00 Product Moment, mendapatkan r = 0,01 (α = 0,05) untuk korelasi pemahaman konsep siswa dengan fasilitas belajar sedangkan analisis korelasi pemahaman konsep siswa dengan motivasi belajar mendapatkan r = 0,008 (α = 0,05) dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pemahaman konsep siswa mengenai sistem organ pencernaan dengan fasilitas belajar serta motivasi orangtua.

                           

Kata Kunci: Analisis, pemahaman, konsep siswa, system pencernaan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-11