HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 PADANG
Abstrak
Kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat EQ dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian sebanyak 180 siswa, jumlah sampel 62 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket EQ siswa dan hasil belajar biologi diperoleh dari nilai Mid semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat EQ siswa diperoleh skor rata-rata 88,69 dengan kriteria cukup tinggi dan hasil belajar biologi diperoleh nilai rata-rata 57,05 dengan kriteria cukup baik. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,272 lebih besar dari nilai rtabel = 0,250, dan nilai signifikan 0,032 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara tingkat EQ dengan hasil belajar biologi siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat EQ dan hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padang. Kontribusi EQ terhadap hasil belajar biologi siswa sebesar 7,4%.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar, validitas, reliabilitas