PENGARUH MODELKOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SD NEGERI 31 PASIR KANDANG

Penulis

  • Yulia Agustin S
  • Nurharmi . .
  • Asrul . Thaher

Abstrak

Abstrak

Penelitianinibergunauntukmengetahuipengaruhmodel pendekatan kooperatifetipejigsawuntuk peningkatan hasilbelajarPKn di kelas V pada kognitiftingkat C1 dan C2 SD Negeri 31 Pasir Kandang.Jenis padapenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Variabelbebaspadapenelitianiniadalahpenerapan model kooperatif tipe jigsaw sedangkanvariabel terikatadalahhasilbelajarkognitiftingkat C1 dan C2 pada pembelajaran PKn. Populasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V SDN 31 Pasir Kandang.Sampelpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 31 Pasir Kandang yang berjumlah52siswa yang diambilmenggunakanteknikporposive sampling.Data yang dikumpulkanberupahasilbelajarPknsiswa.Teknikpengumpulan data padapenelitianinimenggunakanrumust-test yang didahuluidenganujiprasyaratanalisisyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Hasil daripenelitianinimenunjukanterdapatnyaperbedaansignifikanhasilbelajarPKnantarakelaseksperimendankelaskontrol. Hal iniditunjukkandenganhasilt-test yaituthitung4,58>ttabel1,6759padatarafnyatasignifikan 0,05. Hasil rata-rata nilaipost testkelaseksperimen90,3lebihbaikdarihasil rata-rata kelaskontrolyaitu79,8. Artinya dengan adanya model kooperatif tipe Jigsaw ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N 31 Pasir Kandang Padang.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, kooperatif tipe Jigsaw dan kognitif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12