PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) DISERTAI MEDIA GAMBAR PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsN 4 PADANG

Penulis

  • Amalia Yumna
  • Erman Har
  • Rona Taula Sari

Abstrak

Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan karena mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan asal usul kehidupan di muka bumi ini. Dalam pembelajaran biologi peserta didik harus dikenalkan kepada alam yang nyata atau dimulai dari kehidupannya. Pembelajaran biologi bermanfaat bagi kehidupan dalam berbagai bidang seperti bidang kedokteran, bidang farmasi, bidang teknologi pangan, bidang peternakan, bidang industri, bidang pertanian, serta bidang pengelolaan lingkungan hidup. Peranan biologi dalam kehidupan sangatlah penting, siswa seharusnya tertarik untuk mengikuti pelajaran biologi. Namun berdasarkan observasi penulis di MTsN 4 Padang pada tanggal 3 Februari 2017 dengan guru biologi dapat dinyatakan bahwa pembelajaran biologi masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yang masih kurang aktif dikarenakan strategi pembelajaran dengan materi yang disampaikan guru membuat siswa merasa bosan sehingga siswa sibuk dengan aktifitas masing-masing, siswa malas bertanya, siswa banyak yang tidak mengeluarkan pendapatnya dalam proses pembelajaran dan hubungan interaksi antara siswa satu dengan siswa lainnya masih kurang. Pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pokok pikirannya sendiri kepada teman-temannya dan berdiskusi mengenai konsep yang belum dimengerti dalam pelajaran. Upaya mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar yang mencakup (a) keaktifan indera, pendengaran, penglihatan, peraba, dan lain-lain (b) keaktifan akal dalam memecahkan masalah (c) keaktifan ingatan, yaitu aktif menerima bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru (d) keaktifan emosi, murid senantiasa berusaha mencintai mata pelajaran yang disampaikan oleh guru. Aktivitas pembelajaran bersama dapat membantu mendorong pembelajaran aktif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, bulan April-Mei tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dikelas VII MTsN 4 Padang. rancangan penelitian menggunakan model true experimental (eksperimen sebenarnya), pengambilan sampel secara simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 4 Padang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. hasil uji-t dengan α = 0.05 didapatkan harga thitung yaitu 3.59 sedangkan ttabel yaitu 1.67. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwasannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer disertai media gambar dengan menggunakan metode ceramah, dimana dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving question and Getting Answer disertai media gambar memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 81.85 sedangkan dengan menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 72.83.

 

Kata Kunci : Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, hasil belajar biologi, pembelajaran biologi.

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12