PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI LENGKAPI DENGAN GLOSARIUM PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs N 04 KOTA PADANG
Abstrak
Pengembangan modul yang dibuat berbasis pendekatan saintifik yang di lengkapi dengan glosarium ini menekankan pada pentingnya peserta didik memahami dengan mudah materi pelajaran yang mereka pelajari dan memahami kata-kata yang bermakna atau istilah dalam materi pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik di lengkapi dengan glosarium yang valid, praktis dan efektif pada materi klasifikasi makhluk hidup. Ketersediaan bahan ajar di MTs N 04 Kota Padang hanya berupa LKS dan buku paket.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (development research) model pengembangan Trianto (2014:232) adalah model 4-D. Model ini terdiri 4 tahap pengembangan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3-D model. Penelitian dilaksanakan di MTs N 04 Kota Padang dengan Populasi sebanyak 255 orang siswa kelas VII MTs N 04 Kota Padang yang terdaftar pada Semester Genap tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel 70 orang siswa.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Data penelitian adalah data primer yang diolah dan dianalisis secara deskriptif. Validator angket terdiri dari 2 (dua) orang dosen, sedangkan untuk uji praktikalitas terdiri dari 1 (satu) orang guru dan 70 orang siswa MTs N 04 Kota Padang.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa modul sangat valid dengan nilai validitas sebesar 91,09% sehingga layak dan valid secara teoritis. Modul yang dihasilkan juga sangat praktis dengan nilai praktikalitas sebesar 94,36% oleh guru dan siswa sebesar 91,38% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik di lengkapi dengan glosarium pada materi klasifikasi makhluk hidup yang dihasilkan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan juga efektif digunakan pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Kata Kunci : Modul, Pendekatan Saintifik, Glosarium, Klasifikasi Makhluk Hidup