PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ALAT GERAK UNTUK KELAS VIII DI MTSN 04 PADANG

Penulis

  • Nita Sari Dewi
  • Wince Hendri
  • . Gusmaweti

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran, sehingga akan menjadi sarana atau alat dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan efisien dalam alokasi waktu dan tenaga. Namun saat ini belum banyak guru yang membuat media pembelajaran sendiri seperti media berbantuan komputer. Berdasarkan hasil observasi kepada guru IPA kelas VIII di MTsN 04 Padang, didapatkan informasi bahwa belum adanya media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash sebagai media dalam pembelajaran. Guru IPA kelas VIII menggunakan bahan ajar berupa buku paket, menggunakan gambar, dan menggunakan power point. power point yang disajikan oleh guru tersebut masih sederhana, banyak berisi uraian materi/narasi, sedikit gambar, pilihan background yang kurang sesuai, dan tidak dilengkapi oleh gambar-gambar bergerak/ animasi flash. Hal ini membuat siswa cenderung merasa bosan dan kurang tertarik terhadap materi pembelajaran biologi, sehingga siswa menjadi  kurang memahami materi pembelajaran yang sedang berlangsung dan pembelajaran disekolah masih terpusat pada guru ( teacher centered learning ). Oleh sebab itu, perlu adanya alternatif media yang interaktif agar pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada materi struktur dan fungsi alat gerak yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D Model, yaitu tahap define, design , dan develop. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash divalidasi oleh dua orang dosen FKIP Universitas Bung Hatta dan untuk praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru mata pelajaran IPA dan 34 orang siswa kelas VIII di MTs Negeri 04 Padang.  Instrument yang digunakan adalah angket dan data diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang valid sebesar 89,06% dengan kriteria sangat valid dan uji praktikalitas dari siswa (84,10%) dan guru (82,82%) dengan kriteria praktis. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan sangat valid dan praktis, sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dalam proses pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi alat gerak.

 

Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, macromedia flash, struktur dan fungsi alat gerak, validitas dan praktikalitas.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12