PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN TAMPILAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PADANG GELUGUR KAB. PASAMAN

Penulis

  • Nofria Essil
  • Nawir Muhar
  • . Azrita

Abstrak

Berdasarkan observasi  yang peneliti lakukan dengan seseorang guru biologi di SMAN 1 Padang Gelugur, didapatkan informasi bahwa belum adanya multimedia berbasis Macromedia flash dengan tampilan slide powerpoint sebagai media dalam pembelajaran. Guru biologi di SMAN 1 Padang Gelugur menggunakan bahan ajar berupa buku paket, LKS (Lembar Kerja Siswa), dan menggunakan powerpoint. Dilihat dari tampilan dan kontruksi powerpoint yang disajikan masih sederhana, banyak berisi uraian materi atau narasi, sedikit gambar, video, animasi, pilihan Background yang kurang sesuai, dan tidak dilengkapi dengan gambar-gambar bergerak atau animasi flash. Hal ini membuat siswa cenderung merasa bosan dan kurang tertarik terhadap materi pembelajaran biologi. Sehingga pembelajaran di sekolah masih terpusat pada guru (teacher centered learning). Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni : kontruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan dan penilaian autentik Metode penelitian yang akan dilakukan adalah metode eksperimen yaitu metode penelitian yang paling produktif, karena jika penelitian tersebut dilkukan dengan baik dapat menjawab hipotesis yang utamanya berkaitan dengan hubungan sebab akibat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Post-test Only Design. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86.12 dan kelas kontrol 76.0. Pada ranah afektif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 3,92 dan kelas control 2,92.Uji hipotesis dengan menggunakan  uji t diperoleh nilai thitung 3.65> ttabel 1.68 (α 0.05), berarti H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 76%.

 

Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, Macromedia flash, powerpoint, hasil belajar.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12