ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS IX IPA SMAN 1 KOTO XI TARUSAN

Penulis

  • Monica Zusmeidita
  • . Gusmaweti
  • Lisa Deswati

Abstrak

Pada pembelajaran biologi perlu diperhatikan faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar siswa. Jika siswa mengalami kesulitan belajar maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa itu sendiri. Pada faktor eksternal di temukan bahasan tentang keluarga, sekolah dan masyarakat sedangkan pada faktor internal ditemukan bahasan tentang jasmaniah dan psikologis.. Pada penelitian ini penulis akan membahas topik tentang faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar biologi siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis  di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan diketahui bahwa nilai biologi masih rendah atau masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah adalah 80. Hal ini dapat di lihat pada tabel.1 dari rata-rata ketuntasan nilai ujian biologi pada semester I pada siswa kelas XI IPA1 yaitu 71,94 dan kelas XI IPA 2 yaitu 73,05. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar dan hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Koto XI Tarusan. Dalam  penelitian  ini menggunakan  pendekatan  deskriptif dengan  menggunakan  metode pengambilan sampel menurut Arikunto, jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 74 orang siswa. Data dikumpulkan dengan cara menyebar angket melalui uji validasi dengan jumlah 28 item pernyataan dan kemudian di hitung dengan cara mencari rata-rata dari setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata mean skor faktor eksternal dan internal pada indikator cara orangtua mendidik anak rata-rata 2,52, relasi antaranggota keluarga rata-rata 2,40, rasa percaya diri rata-rata 2,31, konsentrasi belajar rata-rata 2,26, kebiasaan belajar rata-rata 2,25, kesehatan rata-rata 2,24, sarana dan prasarana rata-rata 2,19, cacat tubuh rata-rata 2,19, guru rata-rata 2,16, teman sebaya rata-rata 2,12, ekonomi keluarga rata-rata 1,71, mass media rata-rata 1,71, teman bergaul rata-rata 1,69 dan suasana rumah rata-rata 1,67. Analisis korelasi menggunakan SPSS 16.00 Regresi Linear, mendapatkan r = 0,036 (α = 0,05) untuk korelasi faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar dengan hasil belajar biologi siswa dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar biologi dengan kategori sangat rendah.

Kata Kunci : Analisis Faktor Eksternal dan Internal, Regresi Linear, Hasil belajar

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12