PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLEPLAYING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 PADANG

Penulis

  • Yulira Indah
  • Wince Hendri
  • Erman Har

Abstrak

Dalam pelaksanaan pembelajaran biologi perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang tepat agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan siswa pun tidak pasif dan merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran karena, apabila model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengelola proses pembelajaran maka peluang memperoleh hasil pembelajaran para siswa yang sesuai dengan harapan pun akan lebih besar.

Pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, di mana guru menetapkan tugas dan pertanyaan pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang dimaksudkan. Guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas salah satu model pembelajaran kooperatif adalah tipe roleplaying.

Tipe RolePlaying adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe roleplaying dan  model pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 5 Padang.

Dari hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (78,12 ) lebih tinggi dibandingkan  nilai rata-rata kelas kontrol(69,53). Uji statistik pada taraf  kepercayaan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel (13,7 > 1,67), maka Hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif  tipe roleplaying dan model  pembelajaran  konvensional pada kelas XI IPA SMA N 5 Padang. Disarankan kepada guru biologi untuk dapat  menggunakan  model  pembelajaran kooperatif tipe roleplaying sebagai salah satu model  pembelajaran.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe RolePlaying,  Aspek ranah                           kognitif,  Hasil Belajar Biologi

                

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12