PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 PADANG
Abstrak
Pendidikan memegang peranan penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah mengelola komponen-komponen pendidikan dengan baik. Komisi Pendidikan untuk abad XXI melihat bahwa hakikat pendidikan sesungguhnya adalah belajar(learning). Belajar bukan menghafal tetapi penguasaan sesuatu yang bermakna didapat dari pendidikan, latihan, maupun pengalaman yang menghasilkan perubahan perilaku yang relatif permanen sebagai perwujudan dari penguatan materi pelajaran maupun suatu keterampilan. Dalam proses pembelajaran, pengenalan terhadap diri sendiri atau kepribadian diri merupakan hal yang sangat penting dalam upaya-upaya pemberdayaan diri. Pengenalan terhadap diri sendiri berarti pula kita mengenal kelebihan-kelebihan atau kekuatan yang kita milikiuntuk mencapai hasil belajar yang kita harapkan. Pembelajaran biologi merupakan merupakan salah satu pembelajaran wajib dalam suatu mata pelajaran. Ini membutuhkan bahwa pembelajaran biologi sangat penting dalam pembelajaran. Pelajaran ini membutuhkan tanggung jawab agar pembelajaran berlangsung degan lancar dan baik. Dalam pembelajaran, guru harus lebih memahami konsep dari pembelajaran ini terutama dari segi psikologinya. Pada pembelajaran ini lingkungan dan metode dalam pembelajaran ini harus cocok agar tujuan pembelajaran tercapai. Bukan hanya guru yang dibutuhkan untuk aktif, melainkan siswa harus dapat bertanggung jawab dalam memperoleh pengetahuan dan perubahan tingkah laku. Belajar merupakan pengembangan pemikiran dengan membuat kerangka pikiran yang berbeda. Dalam prosesnya tingkat pemikiran selalu diperbaharui sehingga menjadi lengkap. Peta konsep mempunyai peran yang besar dalam proses belajar mengajar, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar apabila konsep-konsep yang digunakan tersusun dengan jelas, sehingga pemahaman akan lebih lama diingat yang mengakibatkan belajar akan lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa di SMA Negeri 13 Padang. Untuk mengetahui hasil belajar biologi afektif siswa di SMA Negeri 13 Padang. Untuk mengetahui hasil belajar psikomotor biologi siswa di SMA Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah (The randomized posttest only control group design). Tempat penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Negeri 13 Padang dengan waktu pelaksanaan Maret - April tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik pusposive sampling. Berdasarkan teknik sampling tersebut diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksprimen dan XI IPA 2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian hasil belajar kognitif ini adalah soal tes akhir belajar siswa dan instrumen yang digunakan pada penelitian aspek afektif dan psikomotor adalah lembaran observasi siswa. Soal tes yang dibuat sesuai dengan materi yang diajarkan selama proses penelitian. Analisis Data yang digunakan untuk ranah kognitif adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji skor nilai yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 82.18 dan rata-rata kelas kontrol 70.46. Setelah dilakukan uji t (α = 0.05) didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2.88 > ttabel = 1.67). Hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA aspek afektif mencapai rata-rata sebesar 83.43 dengan predikat baik sekali pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol 76.29 dengan predikat baik. Hasil belajar Biologi siswa aspek psikomotor rata-rata 84.89 dengan predikat baik pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol 73.03 dengan predikat cukup. Hasil dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Peta Konsep pada proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi siswa. Berdasarkan penelitan ini, dapat dikemukakan saran diharapkan kepada siswa untuk dapat termotivasi dalam belajar dan guru sekolah dapat menggunakan Peta Konsep ini sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengaktifkan siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Peta Konsep, Eksperimen, Hasil belajar.