PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-7 PADANG

Penulis

  • Rendi Yanuarli Putra
  • Wince Hendri
  • . Gusmaweti

Abstrak

Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, masyarakat bangsa dan negara. Sebaik apapun sarana dan prasarana, alat bantu maupun kurikulum, akan kurang berarti jika guru tidak menjadikan proses pembelajaran sebagai hal yang bermakna. Guru harus mampu mengorganisasikan suatu materi pelajaran melalui metode dan model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran biologi di SMP Kartika 1-7 Padang. Untuk mengetahui hasil belajar ranah afektif dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran biologi di SMP Kartika 1-7 Padang. Untuk mengetahui hasil belajar ranah psikomotor dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran biologi di SMP Kartika 1-7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Dalam penelitian ini, di gunakan rancangan randomized control group posstest only design dimana siswa di kelompokkan menjadi dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games Tournament (TGT) dalam pembelajaran biologi. Sedangkan kelas kontrol tidak diberi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Hasil yang di peroleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 80.21 dan kelas kontrol yaitu 71.19. Dengan demikian untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana dari analisis diperoleh thitung = 1.81 dan ttabel = 1.68 berarti thitung>  ttabel. Hasil dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) ini juga mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi, karena ketika mereka tidak mampu menjawab pertanyaan, maka nilai kelompoknya akan turun, sehingga setiap anggota kelompok saling memberikan semangat untuk memperoleh nilai yang terbaik. Akibatnya, pada saat akan menghadapi turnamen siswa mempersiapkan dirinya terlebih dahulu.

   Kata Kunci: Pembelajaran Biologi, Team Games Tournament, hasil belajar

 

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-12