Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama dan Hubungannya dengan Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye
Abstrak
EXECUTIVE SUMMARY
Wiwik Sundari, 2017. Skripsi. “Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama dan Hubungannya dengan Unsur Intrinsik Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye”. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik yang meliputi tema, alur, penokohan, latar dan amanat, (2) perkembangan kepribadian tokoh utama, (3) hubungan perkembangan kepribadian dengan unsur intrinsik dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Teori yang digunakan sebagai penunjang data penelitian ini dikemukakan oleh Ahadiat (2007), Aminudin (2013), Atmazaki (2007), Faruk (2012), Nurgiyantoro (2010), Rokhmansyah (2014) mengenai konsep kesusatraan dan Sujanto, dkk (2006) mengenai perkembangan kepribadian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan deskriptif. Teknik analisis data dengan cara (1) mengidentifikasi data, (2) mengklasifikasi data yang telah dikelompokkan sesuai dengan format pengumpulan data, (3) menginterprestasikan data, (4) menarik kesimpulan, dan membuat laporan yang terkait dengan perkembangan kepribadian tokoh dan hubungannya dengan unsur intrinsik. Hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut. Pertama, unsur intrinsik tema, tema novel RTdW adalahperjalanan hidup, alur novel RTdW adalah alur campuran, tokoh utama novel RTdW adalah Rehan, latar waktu novel RTdW adalah karnaval hari raya, enam bulan, hari ke-30, sebulan lalu, hari raya, enam belas tahun silam, pagi, siang, sore, dan malam, latar tempat novel RTdW adalah panti asuhan, terminal, rumah singgah, pemukiman dekat bantaran kali, komplek perumahan, gerbong makanan, lokasi kontruksi dan rumah tepi pantai, dan latar suasana novel RTdW adalah menyedihkan, menyenangkan, merindukan, ketakutan, panik, dan kecewa, amanat novel RTdW adalah mengajarkan kebaikan, kesetian, dan kesederhanaan.Kedua, terdapat 6 aspek perkembangan kepribadian yaitu: (1) perubahan dalam variasi tingkah laku dimulai ketika tokoh berada di panti asuhan yang memiliki variasi tingkah laku tidak baik saat pindah ke rumah singgah variasi tingkahlaku tokoh berubah menjadi baik,(2) perubahan dalam struktur organisasi dan stuktur tingkah laku ketika di panti asuhan tingkah laku jahat tokoh semakin terlihat saat pindah ke rumah singgah tingkah laku tokoh menjadi lebih baik, (3) bertambah luasnya arena aktivitas tokoh yang belajar dari masa lalu untuk merubah kehidupannya di masa yang akan datang menjadi lebih baik, (4) perubahan dalam taraf realitas tokoh yang masih remaja tetapi pemikirannya sudah seperti orang dewasa ketika di panti asuhan sudah bisa menilai bahwa penjaga panti orang yang tidak baik, (5) terdiffernsiasinya tingkah laku tokoh mempelajari semuanya secara otodidak mulai dari perbuatan yang tidak baik sampai perbuatan baik dipelajarinya secara otodidak dan (6) stratifikasi tingkah laku tokoh yang tidak mau menyakiti hati orang yang sudah baik kepadanya, akhirnya memutuskan untuk memendam dari pada mengungkapkan. Ketiga, hubungan perkembangan kepribadian dengan tema, alur, penokohan, latar dan amanat tidak terlepas antara yang satu dengan yang lainnya, yang paling bepengaruhdalam perkembangan kepribadian adalah latar, karena perkembangan kepribadian tokoh akan terlihat di mana tokoh berada dan perlakuan orang-orang di sekitarnya. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa tokoh utama mengalami perkembangan kepribadian dengan baik yaitu di awal cerita berkepribadian jahat dan seiring berjalannya waktu tokoh berubah menjadi lebih baik dikarenakan latar, suasana, dan perlakuan orang-orang di dekatnya.
Kata Kunci:Perkembangan kepribadian, unsur intrinsik, tokoh utama