PENGEMBANGAN MODUL IPA DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMP KARTIKA 1-7 PADANG
Abstrak
Modul IPA dilengkapi peta konsep dibuat agar peserta didik lebih mudah memahami konsep IPA secara mendalam. Dengan adanya peta konsep materi yang dipelajari oleh siswa dapat lebih jelas dan mudah untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA dilengkapi peta konsep pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMP kartika 1-7 Padang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 3-D, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian dilaksanakan di SMP Kartika 1-7 Padang pada bulan Mei 2017 dengan jumlah populasi sebanyak 132 orang siswa kelas VII dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket uji validitas untuk dosen, angket uji praktikalitas untuk guru dan siswa serta nilai evaluasi untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul IPA oleh siswa. Jenis data penelitian adalah data primer.Validator angket terdiri dari 2 orang dosen, 1 orang guru untuk uji praktikalitas modul IPA dan 26 orang siswa kelas VII untuk uji praktikalitas dan efektifitas modul IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul IPA dilengkapi peta konsep mendapat nilai validitas sebesar 89,3 % dengan kriteria valid, Modul IPA dilengkapi peta konsep mendapatkan nilai praktikalitas sebesar 93,75% oleh guru dengan kriteria sangat praktis dan 89,8% oleh siswa dengan kriteria praktis. Untuk uji efektifitas penggunaan modul IPA mendapat nilai rata-rata 90,57 oleh siswa. Hal ini menunjukan bahwa modul IPA dilengkapi peta konsep pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang yang dihasilkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.