FUNGSI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KOTA PADANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fungsi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kepemilikan Akta Kematian di Kota Padang Pada Tahun 2014 berjumlah 184, Tahun 2015, 174 dan Tahun 2016, 163. Kepala Dinas mempunyai Fungsi diatur dalam Peraturan Walikota Padang Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pasal 5 ayat (1). Dalam upaya mensosialisasikan memberikan pengarahan dan pemahaman kepada masyarakat tentang Tata Cara Pengurusan Akta Kematian. Kendala yang dihadapi berkas- berkas persyaratan masyarakat yang tidak lengkap. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Fungsi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menjalankan tugasnya sesuai dengan Peraturan Daerah.
Kata kunci :Fungsi, Catatan Sipil, Kependudukan, Pelayanan