Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman

Penulis

  • Yesya Eriska Dewi
  • Gusnetti .
  • Dainur Putri

Abstrak

Yesya Eriska Dewi, 2017.Skripsi. “Penerapan Model Problem Based Learning

Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri

2 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman .” Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Bung Hatta, Padang.

 

 

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan. (1), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum diterapkan model Problem Based Learning (PBL).(2),keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sesudah diterapkan model Problem Based Learning (PBL).(3), menganalisis perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning(PBL).Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu; (1) keterampilan menulis karangan deskripsi yang dikemukan oleh Semi (2003), (2) model Problem Based Learning(PBL)yang dikemukakan oleh Amir (2010), (3) penerapan model Problem Based Learning(PBL) dalam keterampilan menulis karangan deskripsi yang dikemukakan oleh Sutrisno (2006). Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan metode deskriptif analitis. Desain penelitian ini adalah Pre-test, Post-test, group design. Prosedur penelitian: (1) tahap pre-test, (2) perlakuan, dan (3) Post-test. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai. Jumlah seluruh siswa kelas X 120 orang,  terdaftar pada Tahun ajaran 2016-2017. Sampel penelitian siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Batang Anai yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data: (1) melakukan Pre-test, teknik pengumpulan data sebelum diterapkan Model Problem Based Learning (PBL), (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL), (3) mengadakan post-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan: (1), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum diterapkan model Problem Based Learning(PBL) berada pada kualifikasi “lebih dari cukup” dengan nilai 68,30. (2), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sesudah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berada pada kualifikasi “baik” dengan nilai 85,90. (3), Jadi penerapan model Problem Based Learning ( PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai yaitu 11 > 2,04 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan n-2.

 

 

 Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Menulis Karangan Deskrpsi                          Siswa

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-13