KemampuanMenulisPuisiDenganMenggunakan Media GambarSiswaKelas VII SMPN 3 Satap IV JuraiKabupatenPesisir Selatan
Abstrak
ABSTRAK
KamelaPutri,2017. Skripsi.“KemampuanMenulisPuisiDenganMenggunakan Media GambarSiswaKelas VII SMPN 3 Satap IV JuraiKabupatenPesisir Selatan”. Program StudiPendidikanBahasadanSastra Indonesia, JurusanPendidikanBahasadanSeni, FakultasKeguruandanIlmuPendidkan, Universitas Bung Hatta, Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuanmenulispuisidenganmenggunakan media gambarsiswakelas VII.I SMPN 3 Satap IV JuraiKabupatenPesisir Selatan. Dalam proses pembelajaran guru hanyamenjelaskanteori-teori yang adadalambuku, sehinggamengakibatkansiswakurangaktifdalamprosespembelajaranberlangsung, guru tidakmenggunakan media dalam proses pembelajaran, sehinggasiswakurangtertarikmengikutipembelajaran. Teori yang dipakaidikemukkanolehPradopo (2002)SuparnodanYunti(2006), Arsyad (2007), Tarigan (2008), Kosasi (2008) menjelaskanbahwa yang harusdiperhatikandalammenulispuisiyaitu (1) unsure fisik yang meliputihal-halberikutini, diksi, pengimajinasian, kata kongkret, bahasafiguratif, rima, tatawajah, (2) unsure batinmeliputi, tema, nadadansuasana. Teknik pengumpulan data (1) siswa diberi pengetahuan tentang unsur-unsur yang membangun puisi, (2) guru menjelaskan tentang membuat puisi dengan menggunakan media gambar, (3) guru menampilkan gambar yang akan di jadikan objek untuk siswa menulis puisi (4) siswa memilih salah satu gambar yang akan ditulis sebagai judul puisi (5) siswa di tugaskan untuk menulis puisi berdasarkan gambar yang di pilih dan menyusun pilihan kata yang tepat, (6) guru mengumpulkan puisi yang telah dikerjakan oleh siswa.Langkah-langah yang dilakukanuntukmenganalisis data yang digunakan (1) membacakeseluruhanpuisi yang ditulissiswa. (2) menganalisispuisi yang ditulissiswamelaluiindikator yang ditelitiyaitujudul, diksi, dancitraan yang tepatdalampuisiditulissiswadanmengaitkannyadengangambar yang diamatinya. (3) mendeskripsikankemampuansiswadalammenulissiswadenganmenggunakan media gambar. (4) mengumpulkankeseluruhanhasilanalisis data.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Menurut Moleong (2010:4) Metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, gambar, danbukanangka-angka. Sumber data dalam penelitian ini adalah puisi yang ditulisolehsiswa.Datanya berupapuisi yang ditulisolehsiswakelas VII SMPN 3 Satap IV JuraiKabupatenPesisir Selatan yang meliputidiksidanpencitraan. Berdasarkanhasil penelitian maka disimpulkan, dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 19 orang didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 79,9. Prestasi tersebut mencerminkan bahwa siswa telah mampu menulis puisi dengan menggunakan media gambar.
Kata Kunci :Kesantunan, TindakTutur, Asertif, siswa.