ALIH KODE TUTURAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII D SMP NEGERI 7 SUNGAI LIUK PROVINSI JAMBI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) Nursaid dan Maksan (2) Chaer dan Agustina. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah penyebab terjadinya alih kode, fungsi alih kode serta tujuan guru beralih kode dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 7 Sungai Liuk Provinsi Jambi. Dari hasil penelitian yang diperoleh, telah terjadi alih kode tuturan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penyebab alih kode tersebut, (1) rasa kekecewaan dan (2) kecakapan berbahasa. Fungsi alih kode (1) mengkhususkan orang (2) menyampaikan seruan (3) mengulangi pernyataan dan (4) mengembangkan keakraban. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa alih kode yang dilakukan oleh guru bertujuan agar siswa bisa memahami materi yang disampaikan.
Kata Kunci : Alih kode, dan tuturan guru