KEMAMPUAN MENULIS SURAT IZIN SISWA KELAS VII SMPN 18 PADANG
Abstrak
Penelit
ian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penulisan surat izin yang ditulis oleh siswa SMPN 18 Padang. Aspek yang diteliti adalah bagian-bagian surat, penulisan ejaan, penulisan kata, penulisan tanda baca, dan kalimat efektif. Teori tentang surat-menyurat, fungsi surat, jenis surat, kriteria surat yang baik, bahasa surat, bagian surat, surat izin, dan macam-macam surat izin yang dikemukakan oleh M Atar Semi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Objek penelitian adalah surat izin yang ditulis siswa SMPN 18 Padang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) menjelaskan materi pelajaran tentang surat izin dan bagian-bagian surat izin, (2) menugaskan siswa menulis surat izin, dan (3) mengumpulkan lembaran kerja siswa untuk dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh sebanyak 25 data dengan jumlah siswa sebanyak 25
orang. Dari 25 data ditemukan kesalahan sebanyak 142 kesalahan. Dengan rincian kesalahan bagian-bagian surat izin sebanyak 82 kesalahan. Kesalahan dalam EYD sebanyak 42 kesalahan, dan kesalahan kalimat efektif sebanyak 18 kesalahan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dalam menulis surat izin, siswa kelas VII.8 SMPN 18 Padang masih kurang, karena banyak yang kurang
memperhatikan EYD dan penulisan kalimat efektif, sehingga siswa dituntut untuklebih meningkatkan lagi cara belajarnya.
Kata Kunci : Surat Izin Siswa SMPN 18 Padang.