PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMPN 2 GUNUNG TALANG

Penulis

  • Nelly .
  • Pebriyenni .
  • Nurharmi .

Abstrak

Penelitian ini barawal dari kenyataan bahwa siswa kurang tertarik dalam pembelajaran PKn menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VII G SMPN 2 Gunung Talang. Siswa mengeluhkan materi PKn terlalu luas, agak teoritis dan susah dipahami sehingga mereka kurang berminat mempelajari lebih mendalam. Faktornya yaitu: pertama faktor siswa, mereka belum memiliki kebiasaan belajar keras, dalam arti belajar itu hingga mencapai tingkat penguasaan atau ketuntasan yang tinggi. Kedua faktor guru, kegiatan pembelajaran dilakukan hanya mengandalkan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan jarang sekali menerapkan metoda diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII G SMPN 2 Gunung Talang dalam pembelajaran PKn dengan model STAD siswa dapat luwes mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan gagasan yang dimilikinya, maka siswa harus diberi ruang interaksi sehingga dapat saling berbagi dengan teman-temannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata 70,17, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata yaitu 80,67. Ini berarti proses pelaksanaan pembelajaran PKn melalui model STAD berlangsung dengan baik. Kesimpulannya model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran PKn di SMPN 2 Gunung Talang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model STAD

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-03