PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERETIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 SIBERUT SELATAN
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas ekspermen dan kelas kontrol, Untuk melihat hasil belajar biologi siswa, berdasarkan aspek afektif kelas eksperimen dan kelas kontrol.Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Eksperimen. Pada pelaksanaan penelitian siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran Kooperatif tipe Think pair share (TPS) sedangkan kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran biasa (Konversional). Hasil penelitian, bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Think Pair Share, memiliki rata-rata (76,66) dan rata-rata nilai afektif pada kelas eksperimen adalah 80,9. Sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvesional memiliki nilai rata-rata (70,89) dan nilai rata-rata afektif pada kelas kontrol adalah 80,4. Uji hipotesis digunakan uji t dimana diperolah = 4,29 dan = 1,68 dimana . Hasil dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Siberut Selatan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Aspek Kognitif Dan Afektif