HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA MATERI BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PLUS SETIA SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Penulis

  • . Norpita
  • . Gusmaweti
  • Rona Taula Sari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca materi biologi dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Plus Setia. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi 102 siswa kelas X SMA Plus Setia yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel 26 siswa. Variabel penelitian ini adalah variabel X (kebiasaan membaca) dan variabel Y (hasil belajar siswa).

Metode Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017 di SMA Plus Setia Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan dan memusatkan perhatian. Pada kebiasaan membaca siswa dan mengungkapkan bagaimana hubungannya dengan hasil belajar siswa.

Dari hasil penelitian terliha Hubungan membuat tanda-tanda atau catatan ketika membaca dengan hasil belajar yaitu 0,512 dengan kategori korelasi sedang. Hubungan konsentrasi dalam membaca dengan hasil belajar yaitu 0,646 dengan kategori korelasi kuat. Dengan Hubungan kesehatan membacadengan hasil belajar yaitu 0,724 dengan kategori korelasi kuat. Dengan Hubungan tempat membaca dengan hasil belajar yaitu 0,766 dengan kategori korelasi kuat. . Analisis korelasi dengan menggunakan SPSS 16.0 dengan rumus product moment  mendapatkan r = 0,895 signifikan 0,00<0,01 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua variabel kebiasaan membaca dengan hasil belajar tingkat signifikan pada taraf kepercayaan 0.01 atau 99% menunjukkan hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Kebiasaan Membaca Siswa, Hasil Belajar Biologi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-14