Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang
Abstrak
ABSTRAK
Silvia, 2017. Skripsi. “Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang menulis puisi menggunakan aspek diksi dengan menggunakan media audiovisual. (2) kemampuan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang menulis puisi menggunakan aspek citraan yang digunakan dengan menggunakan media audiovisual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori diksi denotasi dan konotasi yang dikemukakan Keraf (2009) dan Pradopo (2002). Selanjutnya, teori citraan yang dikemukakan Pradopo (2002). Jenis penelitian ini adalah peneliti kualitatif menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang yang berjumlah 35 orang. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara : (1) menentukan gambar yang akan digunakan untuk pengamatan siswa, (2) menetapkan waktu untuk mengamati vidio, (3) memberikan informasi mengenai langkah kerja siswa, yaitu dengan mengumpulkan kata benda, kata kerja, dan kata sifat sebelum puisi itu dirangkai, (4) menggumpulkan hasil puisi yang ditulis siswa, (5) membaca hasil tulisan siswa, (6) menandai dan mencatat aspek-aspek yang terkait dengan masalah penelitian. Berdasarkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang dengan menggunakan media audiovisual maka dapat disimpulkan, kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 16 Padang nilai rata-rata 77,5.
Kata Kunci : menulis, puisi, audiovisual