KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELASX SMA NEGERI3 LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menyatakan rendahnya minat dalam menulis karangan, dan nilai sebagian besar siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung, Kabupaten Agam dilihat dari karangannarasi ekspositoris dan karangan narasi sugestif. Teori utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendapat M. Atar Semi tentang karangan narasi, jenis karangan narasi, dan ciri karangan narasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode desktiptif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ari 27 karangan siswa, terdapat 15 judul karangan narasi ekspositoris, dan 12 judul karangan narasi sugestif. Ciri-ciri karangan narasi ekspositorisyang sering ditemukan adalah menyampaikan informasi mengenai kejadian (100%), yang paling sedikit yaitu memperluas pengetahuan (28,125%). Sedangkan ciri-cirikarangan narasi sugestif yang paling sering ditemukan yaitu menimbulkan daya khayal (100%), yang paling sedikit yaitu menyampaikan suatu makna atau suatu amanat yang tersirat (28,57%). Secara umum, keberhasilan siswa (49,99%) berada pada kualifikasi cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung, Kabupaten Agamcukup mampu menulis karangan narasi ekspositoris dan narasi sugestif.
Kata Kunci :kemampuan menulis, karangannarasi.