PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA PERTIWI I PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bahwa kemampuan siswa menulis kalimat efektif dalam karangan argumentasi masih kurang. Seperti, menggunakan kata-kata yang berlebihan, terdapat unsur mubajir, gagasan kurang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif dalam karangan argumentasi siswa kelas X SMA Pertiwi I Padag. Teori yang digunakan adalah teori Putrayasa, tentang menulis kalimat efek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X.8 SMA Pertiwi I Padang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari 22 orang siswa kelas X.8 SMA Pertiwi I Padang, jumlah kalimat yang terdapat dalam karangan 106 kalimat, dari 106 kalimata tersebut ditemukan 39 kalimat efektif, dan 67 kalimat yang tidak efektif, dapat diketahui bahwa kalimatkalimat dalam karangan argumentasi yang ditulis siswa kelas X.8 SMA Pertiwi I Padang belum sepenuhnya efektif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalimat efektif dalam karangan argumentasi yang ditulis siswa belum optimal. Penulisan kalimat masih ada yang belum sesuai dengan cirri-ciri keefektifan kalimat.
Kata kunci : Kalimat efektif, Karangan Argumentasi