Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Melalui Metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang
Abstrak
ABSTRAK
Juwita Eka Putri, 2017. Skripsi. “Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Melalui Metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Bunda Padang dalam pembelajaran keterampilan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII melalui metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, adalah teori yang dikemukakan oleh Hamalik (2012), Sardiman (2014), dan Wena (2011) tentang motivasi, Semi (2009) dan Tarigan (2008) tentang keterampilan menulis, Suprijono (2015) tentang metode Point-Counter-Point, danArikunto (2012) tentang penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bunda Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis, dan pencatatan lapangan. Data proses berkaitan dengan motivasi siswa selama pembelajaran sedangkan data hasil yaitu yang berhubungan dengan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis. Pelaksanaan pembelajaranmenulispuisi pada siklus I dan siklus II dengan metode Point-Counter-Point di kelas VIII SMP Bunda Padang yang dilaksanakan dua kali pertemuan,yaitu pada tanggal 9 Mei 2017 dan 13 Mei 2017,diperoleh gambaran bahwa keterampilan menulis puisi siswa masih rendah karena proses pembelajaran belumberjalanefektif sehingga dilanjutkandengan pembelajaran siklus II. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2017 dan 17 Mei 2017.Padasiklus II initerdapat peningkatan karena siswa telah termotivasi dalam belajar sehingga dalam proses pembelajaran siswa telah mencapai nilai keterampilan menulis sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui (1) rata-rata hasil motivasi siswa pada siklus I adalah 72% meningkat menjadi 76,58% pada siklus II, (2) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 61,02 dan meningkat menjadi 79,55 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Point-counter-Point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi di kelas VIII SMP Bunda Padang.
Kata Kunci: motivasi, keterampilan menulis, metode Point-Counter-Point