PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.2 PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP.N 19 SOLOK SELATAN

Penulis

  • Betti Herawati
  • Yusrizal .
  • Pebriyenni .

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII.2 pada pembelajaran PKn di SMPN Solok Selatan. Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together. Dengan model pembelajaran Numbered Head Together ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn di SMPN 19 Solok Selatan. Ini dapat dibuktikan dengan 68,2% siswa tidak tuntas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.2 pada pembelajaran PKn melalui model Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.2 pada pembelajaran PKn dengan model Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini ada dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 19 Solok Selatan yang berjumlah 22 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes hasil belajar dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu 68,18% siswa memperoleh nilai > 70 pada siklus I meningkat menjadi 90,91% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII.2 pada pembelajaran PKn melalui model Numbered Head Together dapat ditingkatkan. Berdasarkan hasil belajar terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 22,73%.

Kata Kunci : Pembelajaran PKn, NHT, Hasil Belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05