PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS IX A PADA PEMBALEJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL TALKING STICK DI SMPN I BUKIT SUNDI

Penulis

  • Ermidawati .
  • Yusrizal .
  • Nurharmi .

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh kurangnya aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn pada kelas IX A di SMPN 1 Bukit Sundi, terlihat dengan kurangnya aktivitas bertanya, menjawab dan membuat kesimpulan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bertanya, menjawab, dan membuat kesimpulan materi pelajaran peserta didik itu meningkat/ tidak. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada kelas IX A pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Bukit Sundi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A SMPN 1 Bukit Sundi yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru, catatan lapangan dan angket. Berdasarkan analisis penelitian yang sudah dilakukan telah menunjukkan rata-rata persentase aktivitas peserta didik bertanya pada siklus I 33,5%, menjawab 53%, membuat kesimpulan 69,5% pada siklus II persentase aktivitas peserta didik bertanya 75%, menjawab 86%, membuat kesimpulan 94,5%. Selanjutnya persentase aktivitas kegiatan guru pada siklus I 82%, pada siklus II 91,5% dengan rata-rata persentase aktivitas guru dari siklus I ke siklus II 86,75%. Kesimpulan penelitian ini dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IX A di SMPN 1 Bukit Sundi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru-guru dapat menggunakan media yang bervariasi untuk memperkaya aktivitas peserta didik.

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran PKn, Talking Stick, PTK.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05