PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII4 PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI TALKING STICK DI SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN

Penulis

  • Eka Suzan Taurustia
  • Yusrizal .
  • Pebriyenni .

Abstrak

Rendahnya hasil belajar sisiwa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII4 di SMP Negeri 1 Pantai Cermin ditandai dengan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga tidak meningkatnya daya berpikir siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa melalui model talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar sesuai pada pembelajaran yang dilakukan PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara partisipan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yaitu 64,25% siswa mendapat nilai > 70 pada siklus I dan meningkat menjadi 77,70% siswa mendapat nilai > 70. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII4 pada pembelajaran PKn dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran talking stick. Dapat disimpulkan,pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII4 pada pembelajaran PKn melalui talking stick di SMP 1 pantai cermin. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan, guru dapat menggunakan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : PKn, Hasil belajar, Talking stick

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05