Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIIIA pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Examples Non Exsamples di SMPN3 Pantai Cermin

Penulis

  • Mega Sari
  • Yusrizal .
  • Muslim Tawakal

Abstrak

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa, dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif karena kebanyakan guru menerapkan metode ceramah, dan lebih berpusat pada guru yang menimbulkan siswa bosan, kemudian rendahnya motivasi dan minat  belajar siswa disebabkan materi PKn banyak menulis, menghafal, sehingga dalam hal ini aktivitas siswa harus ditingkatkan. Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar PKn perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Example non example. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dalam bertanya melalui model pembelajaran Example non example, Jenis Penelitian ini adalah PTK yang dilakukan secara kolaborasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa persentase peningkatan minat siswa dalam bertanya pada siklus I rata-rata sebesar, 45,50%, sedangkan pada siklus II 75,00%, untuk  menjawab dan menanggapi pertanyaan pada siklus I, rata-rata sebesar 57,50%, dan pada siklus II 80,00%. Dari kesemuanya dapat disimpulkan, persentase minat siswa dalam bertanya, menanggapi dan menjawab pertanyaan pada siklus II sudah bisa dikategorikan sudah berada pada rentangan 76% sampai 100 %. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIIA SMP N 3 Pantai cermin.

Kata kunci: Aktivitas. Example  Non Example. Pembelajaran Kewarganegaraan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05