PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS VIII1 DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DI MTs.S GANTING CIRI KEC.KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Sri anita
  • Nurharmi .
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar PKn siswa. Hal ini teridentifikasi nilai Mid (UTS) pada semester I. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah guru dominan menggunakan metode yang monoton, hal ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah adalah peningkatan kemampuan siswa untuk menjelaskan materi pelajaran,pemecehan masalah dan menyimpulkan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa dengan menggunakan metode problem solving. Kajian teori penelitian adalah metode problem solving dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dilanjutkan dengan test hasil belajar. Pada siklus I siswa yang tuntas 10 orang dengan persentase 42% dan siswa yang belum tuntas 14 orang dengan persentase 58% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 20 orang dengan persentase 83,3% dan yang belum tuntas 4 orang dengan persentase 16% hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus meningkat 44,3% Subjek dari penelitian inii adalah siswa kelas VIII, MTsS Gantung Ciri yang berjumlah 24 orang. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui metode Problem Solving bagi siswa Kelas VIII, MTsS Gantung Ciri.

Kata kunci : hasil belajar, Pembelajar PKn, Metode Problem Solving

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05