PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D PADA PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE DISKUSI DI SMP N 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Ermi defi`
  • Yusrizal .
  • Muslim .

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih terpusat pada guru, siswa umumnya menghafal materi pelajaran tanpa memahami konsep Pendidikan Kewarganegaraan, mengakibatkan siswa kurang aktif. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Model Diskusi, Kajian teori yang digunakan peneliti adalah metode diskusi, yaitu suatu metode yang membutuhkan kemampuan siswa untuk mampu bekerjasama dalam satu tim. Rumusan masalah adalah bertanya, menjawab, dan menyimpulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas VII D. Hasil belajar siklus I rata-rata52% sedangkan pada siklus II 80% berdasarkan persentase hasil belajar pada siklus I dan siklus II sudah terdapat peningkatan 28%.Subjek penelitian ini adalah kelas VII D SMPN 6 Gunung Talang, Kabupaten Solok yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dibantu oleh dua orang observer. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi aktivitas guru, catatan lapangan dan nilai ulangan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui Metode Diskusi bagi siswa VII D SMPN 6 Gunung Talang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran diskusi dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci     : Hasil belajar, Pembelajaran PKn, dan Metode Diskusi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05