Peningkatan Aktivitas Siswa Kelas VIII E Pada Pembelajaran PKn melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect Recite Review (PQ4R) Di SMP N I Bukit Sundi

Penulis

  • Destri Araini
  • Yusrizal .
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian ini didasari kurangnya aktivitas belajar siswa pembelajaran PKn di kelas VIII E di SMP N I Bukit Sundi. Kurang aktifitas bertanya, menjawab dan mengeluarkan pendapat. Saat guru menerangkan materi, siswa berbicara dengan temannya. Untuk mengatasi masalah diterapkan strategi PQ4R. Rumusan masalah penelitian, bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan bentuk tulisan, menjawab dan membuat kesimpulan materi. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan dalam tulisan, menjawab dan kesimpulan materi pelajaran PKn melalui strategi PQ4R. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E di SMP N I Bukit Sundi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi siswa, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan hasil penelitian. Aktifitas mengajukan pertanyaan dalam bentuk tulisan siswa pada siklus I dengan persentase sangat bagus 20%, pada siklus II 62.5%. Aktifitas menjawab pertanyaan dalam bentuk tulisan pada siklus I sangat bagus 22.5%, pada siklus II 67%. Aktifitas membuat kesimpulan siswa pada siklus I, sangat bagus 20%, pada siklus II 52.5%. Kesimpulan penelitian ini dengan menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII E di SMP N I Bukit Sundi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru menggunakan media yang bervariasi guna memperkaya aktivitas siswa.

Kata Kunci: Aktifitas pembelajaran PKn strategi PQ4R

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05